Pasang Jaringan,Instruksikan Dishut-ESDM dan PLN Verifikasi Lapangan

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Saat Memberikan Bantuan Kepada Masyarakat

Hargo.co.id GORONTALO – Salah satu keluhan masyarakat yang disampaikan saat kunjungan kerja Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ke Desa Owata dan Mongiilo, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (27/2) adalah persoalan listrik. Di wilayah ini listrik masih menjadi angan-angan, masyarakat belum menikmati jaringan listrik dari PLN.

Kepala Desa Owata, Kecamatan Bulango Ulu Arifin Yahya menyampaikan agar pemerintah dapat merealisasikan listrik. Selama ini listrik yang digunakan hanya bersumber dari generator set (genset) atau solar sel tenaga surya. Khusus di Desa Owata kata Arifin, terdapat 1028 jiwa, belum lagi masyarakat yang ada di Desa Mongiilo dan sekitarnya yang juga membutuhkan perhatian pemerintah.

Mendapat keluhan tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie langsung merealisasikanya. “Kalau ini saya bisa berjanji. Saya perintahkan Dinas Kehutanan-ESDM dan PLN untuk Senin (hari ini,red) turun verifikasi,”
kata Rusli Habibie.

Tahun ini juga kata Rusli Habibie, jaringan listrik ke kawasan itu akan dibangun. Menurut Rusli Habibie, ketersediaan listrik di Gorontalo sudah sangat terpenuhi, apalagi telah beroperasinya pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Paguat 100 MW dan pembangkit listrik apung 120 MW di Amurang. “Ada program pembangunan jaringan listrik, saya pastikan jaringan listrik disini (Mongiilo Cs) segera dibangun,”terang Rusli Habibie.

Selain membangun jaringan listrik, tahun ini Pemerintah Provinsi Gorontalo juga memprogramkan pemasangan listrik gratis 20 ribu sambungan. Berbagai program ini kata Gubernur merupakan upaya dalam meningkatkan rasio elektrifikasi do Gorontalo. “Sehingga tak adalagi wilayah di Gorontalo yang kesulitan listrik,”tandasnya. (tro/hargo)