PATUT DICONTOH, Hanya Terima Amplop, Menteri Ekonomi Jepang Mundur

Akira Amari . (foto dok www.wsj.com)

Hargo.co.id TOKYO – Skandal korupsi mengguncang Kabinet Jepang. Kamis (28/1) Menteri Perekonomian Akira Amari mengundurkan diri karena dituduh menerima suap.

Itu menjadi pukulan telak bagi Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe yang sedang sibuk meluncurkan kesepakatan dagang Trans-Pasifik.

Pengunduran diri Amari mengakhiri rumor miring tentang sekutu dekat Abe tersebut. Selama sekitar sepekan terakhir, politikus 66 tahun itu diberitakan telah menerima suap dalam sebuah proyek pembangunan.

Kabarnya, Amari mengantongi uang panas senilai 12 juta yen atau setara dengan Rp 1,4 miliar yang diberikan perusahaan konstruksi sebagai upeti.

Berita yang kali pertama disebarluaskan majalah mingguan ibu kota itu mengguncang stabilitas pemerintahan Abe. Amari disebut tidak menerima suap tersebut sendirian, tapi bersama dengan salah seorang stafnya.

Setelah selama sepekan bungkam, tokoh Partai Demokratik Liberal (LDP) itu akhirnya mengambil sikap. Dia memilih mundur dari kursi menteri sambil membantah segala tuduhan.

’’Jika itu benar, saya tidak hanya telah mengorbankan harga diri saya sebagai politikus, tapi juga sebagai manusia. Saya tidak pernah melakukan seperti apa yang dituduhkan,’’ papar Amari dalam jumpa pers yang disiarkan ke seluruh penjuru Negeri Sakura kemarin.