Pemerintah Siapkan Bandara Kertajati Jadi Pusat Embakarsi Haji

andara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. (Istimewa)
andara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. (Istimewa)

Hargo.co.id – Pemerintah berencana menjadikan Bandara Kertajati sebagai pusat embakarsi haji untuk masyarakat Jawa Barat. Hal itu dilakukan bertepatan dengan pengoperasian bandara ini yang dijadwal pada kuartal-II 2018.

Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai melakukan rapat dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kementerian Kemaritiman, Jakarta, Jumat (15/9).

Lebih jauh, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini menjelaskan, keberadaan Bandara Kertajati akan menjadi solusi bagi masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji. Pasalnya, selama ini mereka harus berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta yang jaraknya cukup memakan waktu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Dok.Hnedra Eka/Jawa Pos)

“Pusat di sana (Bandara Kertajati). Soetta bisa satu atau dua,” kata Budi.

Tidak sampai disitu, Bandara Kertajati juga akan dijadikan sebagai pusat logistik. Hal itu berdasarkan pertimbangan lokasi Kertajati yang cukup terjangkau oleh kawasan industri dan Pelabuhan Patimban.

“Ya jelas aja, dia dekat industri, bagus. Apalagi dekat Patimban. Jadi, kita sediakan tanah, nanti market sendiri yang akan tetapkan dia mau buat apa di sana,” terangnya.

Sekedar informasi, Bandara Kertajati memiliki kapasitas yang besar. Landasan runway rencananya akan diperlebar dari sebelumnya 2,500 kilometer (km) menjadi 3 km. Selain itu, Bandara tersebut juga sudah jauh-jauh diproyeksikan sebagai embakarsi haji.

(cr4/JPC/hg)