Pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem Butuh Waktu Segini

Presiden AS Donald Trump (Reuters)

Hargo.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah rencana relokasi Kedutaan AS di Tel Aviv ke Yerusalem akan berlangsung dalam setahun. Pernyataan Trump dikeluarkan usai Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, ia memperkirakan pemindahan akan terjadi dalam setahun.

Netanyahu mengatakan, Kedutaan Besar AS akan pindah ke Yerusalem tahun ini. Hal ini berdasarkan penilaian yang solid. Netanyahu menyatakan hal itu dalam kunjungan resminya ke India.

“Pemindahan kedutaan tidak akan lebih cepat dari tiga tahun, jika iya, ini cukup ambisius,” kata Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, Kamis, (18/1).

Kota Suci Yerusalem

Kota Suci Yerusalem (Reuters)

Trump mengatakan, ia tidak akan membangun Kedutaan AS seharga USD 1,2 milyar. Pernyataan ini mengacu pada biaya pembangunan Kedutaan AS di London yang dilakukan pendahulunya matan Presiden Barack Obama, yang menurut Trump ini adalah kesepakatan yang buruk.

Pemindahan kedutaan AS ke Israel merupakan salah satu janji kampanye Trump. Dengan demikian Trump pada awal Desember mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan menggerakkan proses pemindahan Kedutaan AS dari Tel Aviv.

Hal ini jelas membahayakan usaha perdamaian Timur Tengah. Sebab sejak lama Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

(Reuters/iml/JPC)