Pengadilan Tinggi Spanyol Penjarakan Dua Tokoh Separatis Catalonia

Separatisme Catalonia (AP)

Hargo.co.id –  Hakim Pengadilan Tinggi Spanyol memutuskan dua tokoh senior di pemerintah separatis Catalonia yang dipecat harus dipenjara. Namun enam tokoh lainnya bisa bebas.

Keenam tokoh separatis yang boleh meninggalkan penjara Spanyol harus membayar jaminan sebesar 100.000 Euro. Namun dua tokoh utama separatis Catalonia harus dipenjara. Keduanya harus menjalani masa hukuman.

Kelompok separatis diamankan dalam tahanan bulan lalu. Presiden Catalonia, Carles Puigdemont melarikan diri ke Belgia. Semua tokoh separatis dituduh melakukan kejahatan melakukan hasutan.

Keputusan tersebut dikeluarkan sehari sebelum dimulainya kampanye pemilihan daerah Catalonia 21 Desember mendatang. Hakim di Madrid memutuskan bahwa wakil Puigdemont, Oriol Junqueras dan mantan menteri dalam negeri Catalonia Joaquim Forn harus tinggal di penjara. Para pemimpin separatis akar rumput Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart juga masuk penjara.

Seperti dilansir BBC, (4/12), delapan politisi Catalonia tersebut dituduh melakukan pemberontakan dan penghasutan atas pernyataan kemerdekaan Catalonia yang dinilai ilegal oleh Spanyol. Catalonia menyatakan merdeka dari Spanyol pada bulan Oktober lalu.

Sebuah jajak pendapat baru menunjukkan kalau partai prokemerdekaan akan kekurangan suara mayoritas dalam pemilihan Desember. Jajak pendapat ini dilakukan oleh Pusat Penelitian Sosiologi Spanyol (CIS).

Puigdemont dan empat mantan menteri Catalonia lainnya juga hadir di pengadilan di Brussels pada hari Senin. Spanyol ingin mereka diekstradisi. Seorang pengacara untuk Puigdemont melalui Twitternya mengatakan, hakim Belgia akan memutuskan hal itu pada tanggal 14 Desember mendatang.

(MET/BBC/JPC)