Pengawasan Pemilu, Panwascam Kotim Gandeng Media dan Polsek

WAKIL Direktur Gorontalo Post Femi Udoki memberikan materi, peran media dalam pengawasan pemilu. Ahad (11/2).

GORONTALO, Hargo.co.id – Fungsi Pengawasan yang dimiliki oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dari tingkat pusat hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) terus diperkuat. Apalagi ditingkat bawah dalam hal ini Pengawasan Pemilihan di tingkat Kecamatan (Panwascam).

Untuk lebih memperkuat lagi fungsi pengawasan di tingkat kecamatan, maka Panwascam Kota Timur melaksanakan sosialisasi pengawasan pemutakhiran data pemilih dan tahapan kampanye dalam Pemilihan Walikota – Wakil walikota Gorontalo tahun 2018, di coffe toffe, Ahad (11/2).

Menariknya dalam kegiatan tersebut, adalah Panwascam Kota Timur menggandeng unsur media, untuk lebih memperkuat pengawasan. Ini terlihat dari sosialisi yang dilaksanakan, dengan menghadirkan langsung wakil direktur Gorontalo Post, Femy Udoki sebagai salah satu pemateri.

Femy mengatakan bahwa, media juga sangat berperan dalam pengawasan jalannya pemilu. Dimana setiap tahapan pemilu sudah sangat jelas dalam aturannya bahwa harus diumumkan di media.
“Inilah bentuk pengawasan dari media, sehingga masyarakat bisa ketahui bahwa apa-apa saja tahapan yang sementara dijalankan oleh KPU serta fungsi dari pengawasan pemilihan itu harus diketahui.

“Sama dengan penyelenggaraan pemilu, kita media juga harus menjaga netralitas,” ungkapnya.¬† Selain dari unsur media yang dihadirkan juga adalah Kapolsek Kota Timur, AKP Sutrisno,yang membahas tentang bagaiamana potensi kerawanan pemilu serta cara untuk mencegah terjadinya potensi kerawanan tersebut. Hadir juga ketua Bawaslu Kota Gorontalo John Hendri Purba yang memberikan materi tentang pengawasan PPDP.

“Kita menghadirkan unsur media, polsek dan bawaslu kota Gorontalo, untuk memberikan materi kepada peserta dalam meningkatkan peran pengawasan di pilkada kota Gorontalo,” pungkasnya. (wan)