PENTING! Bagi yang Punya Hewan Ternak, Begini Cara Antrhax Menyerang Hewan Anda

Ilustrasi

Hargo.co.id Akhir-akhir ini Gorontalo di gegerkan dengan penyakit Anthrax, penyakit yang di tularkan oleh hewan ke manusia yang di kenal zoonotik.

Kemarin 2 Warga Limboto sudah terinfeksi oleh penyakit tersebut, bahkan beredarnya foto kedua warga penderita gejala Anthrax di media sosial, banyak mendapatkan tanggapan dari para netizen.

Penyebab Anthrax adalah bakteri Bacillus anthracis. Bakteri ini bersifat aerob, memerlukan oksigen untuk hidup.

Bakteri ini berbentuk spora bertangkai dan suka hidup serta berkembang biak di dalam tanah. Keluarnya bakteri tersebut bisa terjadi di musim kemarau panjang, karena ternak suka menarik rerumputan kering hingga keakar-akarnya.

Akibatnya spora anthrax yang selama ini bertahan hidup dalam tanah dan menempel di rumput, terbawa keluar dan berubah menjadi bakteri ganas.

Kondisi tubuh ternak yang lemah akibat kekurangan makanan dan stres oleh suhu udara yang panas, juga semakin memudahkan serangan anthrax.

Bahkan ketika spora itu, menyerang hewan ternak kambing maupun sapi, tidak boleh di lukai karena bakteri akan menyebar, tindakan yang tepat yang dilakukan, hewan ternak harus di bakar dan di kubur. (Vr/hargo)