Penumpang Kapal Pesiar Syariah Singgahi Tanah Rencong: Amazing

Sejumlah wisatawan kapal pesiar MV Costa Victoria mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh (ENO SUNARNO/RAKYAT ACEH)

Hargo.co.id – Kapal pesiar syariah (Islamic Cruise) MV Costa Victoria berlabuh di Sabang. Para penumpangnya sebanyak 1.988 orang berasal dari Brasil, Bulgaria, Tiongkok, Kolombia, Inggris, India, Italia, dan Malaysia.

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS Sabang Fauzi Umar mengungkapkan, kapal tersebut juga membawa pelancong asal Peru, Filipina, Rumania, Vietnam, Hungaria, Korea, Kroasia, Austria, Myanmar, Ghana, Ukraina, dan Prancis. “Semua wisatawan itu muslim,” tegasnya kemarin (27/11).

Dari jumlah tersebut, 980 orang berkunjung ke Banda Aceh. “Sebanyak 70 persen di antaranya berasal dari Malaysia. Selebihnya berada di Sabang sekitar 1.200 orang yang terdiri atas kru dan beberapa awak kapal,” lanjut Fauzi.

Kapal Pesiar

Wisatawan asal Australia masuk dalam rombongan Islamic Cruise MS Costa Victoria berfoto di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh (Al amin/Rakyat Aceh)

Dia menjelaskan, para wisatawan itu datang dalam rangka program dakwah sekaligus syiar yang akan disampaikan Syekh Yusuf, dai dari Amerika. Dia akan memberikan dakwah di Masjid Raya Baiturrahman.

Menurut Fauzi, setelah berkunjung ke Banda Aceh, para wisatawan tersebut langsung kembali ke Sabang pukul 16.00 WIB. Selanjutnya, mereka kembali ke Singapura. “Setelah ini, mereka akan kembali ke Singapura pukul 22.00 (tadi malam, Red) dari Pelabuhan Sabang,” tuturnya.

Di Masjid Raya Baiturrahman, terlihat wisatawan yang berkunjung terdiri atas beragam usia. Ada juga wisatawan yang berkursi roda. “Wow…amazing. Saya baru kali pertama ke Indonesia dan ini langsung ke Aceh,” ujar Rosina, wisatawan asal Malaysia.

(eno/mai/c17/ami/hg)