Perbaikan Administrasi Parpol Dideadline Hingga 15 Desember

Komisioner KPU Kota Gorontalo saat menerima berkas pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019 beberapa waktu lalu, (F. Humas KPU Kota Gorontalo)

GORONTALO, Hargo.co.id – Batas penyerahan perbaikan berkas kelengkapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, untuk enam partai politik calon peserta pemilu dibatasi hingga jumat (15/12).

Sayangnya meski batas pengembalian berkas perbaikan parpol sudah akan jatuh tempo, hingga rabu (13/12) kemarin, belum ada satupun dari enam partai politik yang mengembalikan berkas perbaikan kelengkapan pendaftaran itu.

Hal ini seperti yang disampaikan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo, La Aba, S.Pd M.Pd, kepada Gorontalo Post, rabu (13/12) kemarin.

Menurut La Aba, hingga saat ini, belum ada satupun dari enam parpol yang mendapat waktu tambahan berdasarkan keputusan Bawaslu RI, yang mengembalikan berkas salinan pendaftaran partai calon peserta pemilu, ke Kantor KPU Kota Gorontalo.

Padahal menurutnya, waktu pendaftaran hanya dibatasi hingga jumat (15/12) dan tidak akan lagi diperpanjang oleh KPU. Fakta ini tentu dikhawatirkan berpengaruh pada keikutsertaan keenam partai ini dari pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

“Sejauh ini belum ada satupun dari partai politik yang datang mengembalikan berkas perbaikan administrasi parpol ke KPU,” ujarnya.

Hanya saja menurut La Aba, salah satu partai yaitu Partai Bhineka sudah datang ke Kantor KPU untuk melakukan koordinasi dan konsultasi terkait perbaikan berkas pendaftaran ini. “Kami akan menunggu parpol untuk mengembalikan berkas perbaikan hingga waktu yang ditentukan,” tambahnya.

Tapi La Aba menegaskan, setelah dinyatakan ditutup, waktu perbaikan dipastikan tidak akan lagi diperpanjang. Olehnya, La Aba menghimbau kepada keenam partai politik ini untuk segera memasukkan berkas perbaikan partai politik ke KPU Kota Gorontalo secepatnya. (tr-45/hg)