PERTARUNGAN PILWAKO: Rum Pagau-Budi Doku Berpasangan?

0
Pertemun Rum Pagau, Adhan Dambea dan Budi Doku dalam membicarakan persiapan Pilwako. (foto Facebook/Mikson Yapanto)

KOTA, Hargo.co.id – Soliditas partai Golkar bakal mengalami ujian pada pemilihan walikota-wakil walikota (Pilwako) Gorontalo 2018 mendatang. Pasalnya pertarungan sesama kader Golkar hampir dapat dipastikan akan tersaji. Sehingga berpotensi membuat suara Golkar terpecah.

Ini seiring keputusan mantan ketua Golkar Boalemo Rum Pagau dan mantan ketua Golkar Bonbol Budi Doku yang saat ini menjabat Wakil Walikota, untuk berpasangan di Pilwako.

Pasangan Rum Pagau-Budi Doku yang dinamai duet PADI (Pagau-Budi) itu, bakal menjadi penantang figur petahana Marten Taha yang sedang dipersiapkan Golkar Kota Gorontalo ke Pilwako karena menjadi ketua partai.

Meski sejauh ini belum ada kepastian siapa yang akan menjadi pasangan Marten Taha.

Lahirnya duet PADI ini telah melalui sejumlah pertemuan politik yang melibatkan Rum Pagau, Budi Doku dan Adhan Dambea. Bahkan semalam (18/6) ketiganya kembali bertemu di Community House.

Rum Pagau saat ditanyai soal langkahnya untuk memilih Budi menjelaskan Budi Doku dianggap sebagai satu dari dua sahabat dekatnya yang tetap mempedulikan dan memperhatikan dirinya saat tertimpa musibah politik pada Pilkada Boalemo belum lama ini.

“Hanya Pak Budi Doku, dan Pak Syarif Mbuinga yang menemui saya. Dari awal beliau yang bantu saya. Kalau Allah menghendaki, saya Insha Allah bersama Pak Budi Doku,” ujar Rum Pagau.

Pertimbangan lain menurut Rum soal kecocokan. Karena menurut Rum, Walikota dan Wakil Walikota, adalah Dwi Tunggal yang harus saling mengisi.

“Bagi saya, siapapun yang menjadi Wakil saya, saya siap menyesuaikan. Dan figur Budi Doku yang saat ini menjabat Wakil Walikota, tentu adalah figur yang sangat berpengalaman, beliau adalah dokter yang tentu paham kebutuhan rakyat di sektor kesehatan. Beliau pernah menjadi birokrat saat menjadi PNS. Beliau pernah berjuang untuk rakyat saat menjadi anggota DPD. Dan saat ini beliau juga menjadi Wakil Walikota, dan tentunya saya lebih condong ke Pak Charles Budi Doku.” kata Rum. (gip/hargo)