Pleno Berkas Paslon Dipending, Digelar Bersamaan Pleno Penetap

PETUGAS pengamanan berjaga di depan pintu masuk di kantor KPU Kota Gorontalo, Ahad (11/2) malam.(YUDHISTIRA/GORONTALO POST)

GORONTALO, Hargo.co.id – Siapa saja pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung pada Pilwako 2018? Apakah akan tetap tiga pasang? Atau ada yang akan dinyatakan tak memenuhi syarat? Semuanya akan terjawab hari ini.

Ya, hari ini Senin (12/2), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo akan melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon Pilwako. Direncanakan rapat pleno penetapan akan dilaksanakan di kantor KPU Kota Gorontalo.

Menjelang rapat pleno penetapan pasangan calon, KPU Kota Gorontalo merencanakan menggelar rapat pleno hasil verifikasi perbaikan berkas pencalonan masing-masing paslon.

“Sebelum rapat pleno penetapan, kita akan menggelar rapat pleno hasil verfikasi perbaikan terlebih dahulu. Rapat pleno tersebut digelar secara tertutup,” ujar Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba dalam beberapa kesempatan belum lama ini.

Namun, rapat pleno yang direncanakan tersebut urung digelar. Kendati sebelumnya sempat tersiar kabar bila rapat pleno tentang hasil verifikasi berkas calon akan dilaksanakan tadi malam (11/2).

Pantauan Gorontalo Post, sejak pukul 15.00 wita, suasana pengamanan di kantor KPU Kota Gorontalo mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya. Sekitar pukul 17.00 mobil anti huru-hara diterjunkan ke lokasi. Pun demikian anggota pengamanan yang bertugas, menyeleksi ketat setiap yang datang ke kantor KPU Kota Gorontalo.

Sementara itu para ketua dan anggota KPU Kota Gorontalo sudah berada di kantor sejak sore hari. Meski saat itu ketua dan para anggota lebih banyak berada di ruang masing-masing.
Seiring bergulirnya waktu, sekitar pukul 19.00 wita personel pengamanan terus bertambah. Baik dari unsur Kepolisian maupun TNI.

Kondisi itu makin menguatkan kabar bila akan dilaksanakan rapat pleno penetapan berkas pencalonan. Apalagi saat itu sejumlah staf KPU kota Gorontalo tampak sibuk.
Suasana di dalam Kantor KPU kota Gorontalopun nampak sibuk.

Tak lama berselang Ketua KPU Kota La Aba menggelar pertemuan bersama Pengacara KPU Kota Gorontalo Salahudin Pakaya. Pertemuan yang berlangsung tertutup itu cukup intens.
Beberapa menit kemudian, La Aba dan Salahudin Pakaya keluar ruangan. Sekitar pukul 21.30 wita, pertemuan Ketua dan Anggota KPU Kota Gorontalo digelar. Pertemuan berlangsung cukup lama. Lebih kurang 1,5 jam.

Sekitar pukul 23.00 wita, anggota KPU Kota Gorontalo Sukrin Saleh keluar ruangan. Namun ia enggan memberikan keterangan apa yang dibicarakan dalam pertemuan.
“Langsung ke ketua saja,” ujar Sukrin yang coba ditemui untuk mengkonfirmasi hasil pertemuan tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Gorontalo, La Aba, S.Pd, M.Pd saat dikonfirmasi kemudian mengatakan, pleno tertutup baru akan dilaksanakan senin (12/2) pukul 10.00 wita. “Pleno baru akan kami laksanakan besok (senin,red) jam 10.00 wita,” singkatnya sembari berlalu.

Di sisi lain, Wakil Wali Kota Gorontalo Budi Doku sempat datang ke kantor KPU Kota Gorontalo. Ia hanya menanyakan keberadaan Ketua KPU Kota La Aba. Tak lama kemudian, Budi Doku langsung keluar meninggalkan kantor KPU Kota Gorontalo.(tr-45/hg)