PNS Berpendidikan SMA Siap-siap di Rumahkan

14
Para Pegawai Negeri Sipil (Foto infoasncpns.com)

Hargo.co.id JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengisyaratkan akan memberhentikan dengan hormat kepada Pegawai negeri sipil (PNS) pada jabatan fungsional umum dengan jenjang pendidikan SMA, SMP dan SD.

Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan daftar PNS yang akan diberikan kompensasi ketika akan dirumahkan.

Sedangkan jika dihitung jumlah PNS yang akan dirumahkan itu mencapai 1,37 juta orang. Ketika dipensiunkan mereka akan menerima uang pesangon dengan jumlah besar. Sehingga bisa menjadi modal usahanya ketika tidak lagi menjadi abdi negara.

“PNS yang kena rasionalisasi akan diberi pesangon. Dalam usulan kami, pesangonnya diberikan sekaligus dan tidak dicicil agar bisa dimanfaatkan PNS-nya untuk usaha dan lain-lain. Tapi keputusan akhirnya ada di Kementerian Keuangan, karena mereka paling tahu apakah dana cukup atau tidak,” ujar Bambang dilansir JPNN (Jawa Pos Group), Minggu (6/3).

Dia menegaskan, PNS yang akan dirumahkan itu telah mengabdi minimal 10 tahun. “Rasionalisasi berupa pensiun dini juga diberlakukan untuk PNS yang pengabdiannya minimal 10 tahun,” sergahnya.

Dalam roadmap rasionalisasi, PNS itu umumnya berpendidikan SMA, SMP, dan SD jabatan fungsional umum. Jumlahnya mencapai 1,37 juta PNS. Rasionalisasi akan dilakukan bertahap selama empat tahun, sehingga pada 2019 jumlah PNS menjadi 3,5 juta dari 4,517 juta pegawai. (esy/iil/JPG/hargo)

14 KOMENTAR

  1. alangkah baik nya smua di pertimbangkan lgi…,mereka yg sudah lama pasti sudah lebih mendalami di setiap bidang yg mereka kerja kan slama ini..toh gak ada kasus yg tidak bisa menyelasaikan tugas di bidang nya walau tamat s3(sd,smp,sma) …nanti pun para sarjana yg mau masuk harus adaptasi dulu utk melakukan tugas tersebut…itu jg butuh waktu…dan itu jg akan bikinj amburadul pekerjaan negara ini….tetapi klo emang kita inginkan pns oleh para sarjana…dimulai aja dri skrg bukan nya yg ada harus di obrak abrik….coba pikir ulang dulu pak bos2 negara….tapi klo ini dijadikan suatu proyek utk keuangan dlm urusan pesangon2 mereka….ini sangat tega2 amat…apa harus kita bahagia diatas penderitaan orang lain…????????????

  2. saya PNS di salah satu Kabupaten di Kalsel yang berpendidikan Paket C tp saya sudah 3 tahun menjadi Pengeluaran sekaligus merangkap Bendahara Gaji, dan saya mampu, byk yg berpendidikan S1 di Kantor Saya tp tdk mampu bekerja diposisi saya ???? why ???

  3. Setuju bgt! Pns yg di terima kan kebanyakan titipan bisa dari orangtua yg dulunya pns atau orang lain, kasian yg punya pendidikan bagus tapi kalah saing sama yg titipan, tetanggaku juga banyak kok yg titipan jadi saya gak asal ngpmong, udah jadi rahasia umum lah!

  4. Kl mnurut sy jgn kasihan. Yg sdh terlanjur jadi pns biarlah.
    Ini namax bkn mengurangi angka pengangguran tp malah menambah.
    Kl utk penerimaan pns kelakx, jgn di buka formasi sma or smp or sd. Ckup utk yg sarjana…
    Apa g kasihan dgn mrka2…yg udA lama mengabdi jd pns ???
    D mna rasiox seorg pemimpin. Tlg pikirkan jga mrk or nasib rakyat yg hdp sdh tergantung dr pns dgn gaji pas2an.
    Walau pun langsung dkasi pesangon….g akan sebanding.
    Sy rasa, smua org tau akan nilai mata uang.
    Jd, kl bsa utk sy….sblm berbuat, pikirkanlah ..

Comments are closed.