Pohon Pelindung Kabgor Ditata Ulang

Ilustrasi

Hargo.co.id Gorontalo – Insiden pohon tumbang yang menewaskan dua pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabila, Bone Bolango beberapa waktu lalu, menjadi pembelajaran penting bagi pemerintah daerah untuk memerhatikan kondisi pohon pelindung.

Tak terkecuali di Kabupaten Gorontalo, khususnya sejumlah pohon pelindung di seputaran kompleks perkantoran Pemkab Gorontalo.

Pantauan Gorontalo Post, beberapa pohon yang ada di seputaran kantor Pemkab Gorontalo mulai berdampak terhadap masyarakat maupun fasilitas umum lainnya. Seperti pohon trambesi yang tumbuh di pinggiran jalan kompleks rumah dinas bupati dan kantor Pemkab Gorontalo. Akar pohon sudah menjorok keluar. Bahkan beberapa ada yang sudah menimbulkan kerusakan pada trotoar.

Terkait hal itu, Kabid Kebersihan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Sumber Daya Alam (SDA) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Gorontalo Syarifudin Pulukadang menjelaskan, pihaknya sudah memantau sejak dua bulan terakhir berkaitan kondisi pohon pelindung di Kabupaten Gorontalo.

Utamanya di seputaran perkantoran Pemkab Gorontalo. “Hasil pemantauan itu sedang kami evaluasi,” kata Syarifudin.

Ia menambahkan, pepohonan yang berpotensi merusak akan dilakukan penggantian secara berkala.
“Kami akan mengganti pohon-pohon besar yang akarnya objek merusak sekitar seperti trambesi dengan pohon-pohon yang akarnya tidak merusak seperti mahoni, nangka dan lain-lain,” kata Syarifudin Pulkadang.(tr-58/hg)