Pohon Tumbang Nyaris Telan Korban

Pohon besar yang tumbang di jalur utama jalan Nani Wartabone, Kelurahan Oluhuta, Kabila, Bone Bolango (Bonbol), saat dievakuasi oleh petugas, Kamis (14/12). (Foto: Natha/Goorntalo Post).

KABILA, Hargo.co.id – Angin kencang disertai hujan membuat mampu merobohkan satu pohon besar di jalur utama jalan Nani Wartabone, Kelurahan Oluhuta, Kabila, Bone Bolango (Bonbol), kemarin, Kamis (14/12). Meski tak ada korban jiwa, namun terdapat kerugian materil akibat robohnya pohon rindang tersebut.

Kejadian pohon tumbang tersebut sekitar pukul 13.00 Wita tepat saat hujan dan angin kencang. Pohon rindang yang sudah berumur kurang lebih 8 tahun itu tak mampu menahan terpaan angin kencang dan roboh tepat di tengah jalan.

Robohnya pohon tersebut nyaris saja menimpa warga yang melintas. Beruntungnya karena sedang hujan, sedikit warga yang berada di sekitar lokasi. Namun kabel listrik yang ada di sekitar lokasi tertimpa pohon tersebut.

Meski demikian, jalan Nani Wartabone Kabila sempat dibuat macet sembari pohon tersebut dievakuasi. Namun kemacetan tidak terlalu parah karena sejumlah pengguna jalan memutar balik arah mencari jalan alternatif.

Hasan, salah seorang pengemudi bentor mengaku nyaris tertimpa pohon yang berada di tepi jalan tersebut saat melintas di bawahnya. Saat di lokasi, dia mengaku sempat mendengar suara retakkan kayu, tepat berada di atas kap bentor miliknya.

“Waktu saya lewat pelan-pelan, saya dengar ada bunyi kayu retak. Jadi, saat di bawah pohon tersebut saya langsung jalan cepat-cepat. Ternyata betul, tidak jauh dari situ pohon itu akhirnya roboh,” ungkap Hasan.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bonbol, Gagarin Hunawa, megatakan, setelah mendapatkan informasi pohon tumbang, pihaknya dibantu BPBD Provinsi Gorontalo langsung berupaya secepatnya mengevakuasi pohon tersebut. “Ranting-ranting pohon sudah kami bersihkan,” kata Gagarin saat dihubungi, siang kemarin.

Singkatnya Gagarin hanya berharap kepada warga yang melintas di bawah pohon rindang di tengah cuaca hujan dan angin kencang agar berhati-hati agar kejadian seperti ini tidak memakan korban, “Dari saya, kalau cuaca tidak bersahabat seperti ini, saya hanya menghimbau masyarakat agar tetap di rumah,” pungkasnya.(tr-54/hg)