Pohon Tumbang Timpa Warung dan Mobil Warga, Untungnya ….

TUMBANG - Satu Pohon besar tumbang menimpa mobil warga di Kelurahan Bolihuangga Kecamatan Limboto. INSERT ; Kios milik Dodi Moha juga ikut rusak akibat tertimpa pohon tumbang. (Foto(Riyan/Gorontalo Post)

BOLIHUANGGA, hargo.co.id –  Angin kencang yang terjadi siang kemarin, Minggu (18/6), membuat sebuah pohon besar yang berada di pinggiran ruas Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Bolihuangga, Limboto, roboh dan menimpa sebuah warung dan mobil Suzuki Carry pick up, DM 9992 B, milik Dodi Moha (31).

Akibatnya, pohon tumbang tersebut memutus akses Limboto dan Isimu selama kurang lebih 2 jam.

Pantauan Gorontalo Post, sekitar pukul 14.00 wita, terjadi kemacetan sepanjang lebih dari 1 kilometer di kompleks SPBU Limboto akibat pohon tumbang ini. Baik kendaraan dari arah Limboto menuju arah Isimu maupun arah sebaliknya terputus aksesnya, sebagian pengendara lain pun terpaksa berbalik arah mencari jalan alternatif lain.

Pohon yang berukuran besar itu, roboh akibat angin kencang yang terjadi. Beruntung tak ada korban jiwa, namun sebuah warung dan mobil pick up yang berada persis di seberang jalan dari pohon tersebut rusak akibat tertimpa.

Dodi Moha, pemilik warung sekaligus mobil pik up mengatakan, saat kejadian berlangsung dirinya tengah berada di dalam rumahnya. Mobilnya pun kini rusak pada bagian belakang tak bisa lagi dinyalakan.

Sementara warungnya mengalami kerusakan pada bagian atap depan. Pihak kepolisian dan Basarnas dibantu warga, baru bisa menyingkirkan pohon tumbang dari badan jalan selama 2 jam dengan peralatan sensor, serta mobil Basarnas yang digunakan untuk menarik batang pohon.

Kapolsek Limboto, Iptu Adriwan Tanako, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya langsung turun ke lokasi kejadian dan melakukan penanganan terhadap pohon tumbang ini serta mengatur arus lalu lintas.

“Selama kurang lebih 2 jam kami melakukan penanganan dengan berkoordinasi bersama tim Basarnas Gorontalo, beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, tumbangnya pohon tersebut juga diakibatkan ulah warga yang kerap melakukan aktifitas bakar sampah di bawah pohon sehingga menjadikan pohon lapuk dan mudah roboh. “Karena sering terkena api, akhirnya pohonnya mudah tumbang karena akarnya yang juga ikut terbakar dan mati,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Gorontalo, Mauren Hamang mengatakan, pihaknya yang kebetulan melintasi jalan tersebut langsung mengambil tindakan dengan melakukan sensor pada batang pohon untuk di singkirkan ke tepi jalan sehingga pengguna jalan bisa kembali melintas.

“Besarnya ukuran pohon tersebut membuat proses penanganannya sedikit memakan waktu yang lumayan lama,” pungkasnya.(tr-55/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →