Pukul Anggota Polantas di Jalan, Oknum TNI ini Diduga Alami Ganguan Jiwa

Cekcok polantas dan TNI di tengah jalan jadi tontonan warga. (Istimewa)

Hargo.co.id – Beredarnya video Serda Wira Sinaga, Anggota TNI yang memukul helm anggota polisi lalu lintas Bribda Yoga Vernando, saat ditegur tidak menggunakan helm Kamis (10/8) kemarin, membuat pihak TNI angkat bicara.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Alfred Denny Tuejeh mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa prajurit TNI tersebut sedang alami ganguan jiwa. Sehingga bertindak di luar kontrol dengan memaki dan memukul Bribda Yoga.

“Kejadian itu memang yang bersangkutan sedang mengalami ganguan jiwa,” ujar Alfred kepada JawaPos.com, Jumat (11/8).

Namun demikian ditegaskan Alfred, sampai saat ini pihaknya akan melakukan pemeriksaan kepada kondisi kejiwaan dari Serda Wira Sinaga. Bagaimanapun perbuatannya tidak bisa ditolerir.

“Sekarang lagi proses pembuktian yang bersangkutan apa benar alami ganguan jiwa,” katanya.

Untuk itu, Alfred meminta permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Polri, Bribda Yoga dan juga masyarakat, atas perilaku Wira Sinaga tersebut.

Pasalnya dalam berbagai kesempatan para pimpinan TNI selalu mengimbau kepada anak buahnya dalam bertindak tidak boleh arogan. Termasuk menghindari perselisihan dengan pihak kepolisian.

“Untuk itu TNI meminta maaf kepada yang bersangkutan Bribda Yoga, institusi Polri, dan masyarakat umum,” pungkasnya.

Sebelumnya, di media sosial viral sebuah video seorang anggota polisi lalu lintas dibogem seorang oknum anggota TNI. Insiden ini berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau.

Kapolres Kota Pekanbaru, Kombes Susanto membenarkan insiden itu. Menurutnya, tindakan itu berlangsung pada Kamis (10/8) pukul 17.30 WIB.

Kata dia, mulanya perbuatan kasar itu berawal seorang personel polisi Pekanbaru Bripda Yoga Vernando yang melaksanakan patroli di Jalan Jenderal Sudirman, dan menegur oknum TNI yang tidak pakai helm.

Namun, o‎knum anggota TNI itu mengejar Bripda Yoga dan menabrak motornya dari belakang. Selanjutnya memukul helm Bripda Yoga sebanyak empat kali.‎

Setelah dikomunikasikan peristiwa tersebut dengan satuan TNI, diketahui oknum tersebut benama Wira Sinaga dengan pangkat Serda yang berdinas di Korem Pekanbaru.

(cr2/JPC/hg)