Puskesmas Limboto Buka Pelayanan Online

Ilustrasi

Hargo.co.id LIMBOTO – Peningkatan pola pelayanan kepada pasien diterapkan Puskemas Limboto. Rencananya pada November 2017 mendatang akan mulai diberlakukan pelayanan dengan sistem online.

Kepala Puskesmas Limboto, Ismail Akase, M.Kes kepada Gorontalo Post mengatakan, sorotan akan pelayanan kesehatan di puskesmas sejatinya bukan hanya terjadi di Puskesmas Limboto saja, tapi juga dihampir semua puskesmas di Gorontalo.

Apalagi jika menggunakan rasio BPJS dimana satu dokter minimal bisa menangani sepuluh pasien dalam sehari, maka tentu akan sangat sulit apalagi jumlah dokter yang dimiliki sangat terbatas. “Saya terpikir begini, untuk mengantisipasi minimnya jumlah dokter dan demi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat bagaimana kemajuan teknologi saat ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sehingganya muncul ide untuk membuat satu aplikasi online untuk memudahkan pelayanan kesehatan di Puskesmas yang selama ini dikeluhkan masyarakat,” kata mantan Kepala Puskesmas Telaga tersebut, selasa (8/8) kemarin.

Lebih lanjut Ismail Akaseh, M.Kes menjelaskan, nantinya setiap warga masyarakat yang tercatat diwilayah kerja Puskemas Limboto sudah tidak perlu susah payah lagi datang ke Puskes, ambil nomor antiran dan menunggu berjam-jam untuk diperiksa.

“nanti ada aplikasi pelayanan yang setiap pasien yang akan berobat akan mendaftaf disitu, kemudian nanti akan menerima notifikasi balasan jam berapa akan diminta datang ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu juga, pasien bisa mengecek status apakah dokter ada, atau siapa dokter yang sedang bertugas saat itu juga,” jelasnya.

Ditambahkan Ismail Akaseh, M.Kes, rencana peluncuran aplikasi pelayanan kesehatan ini sudah disampaikan ke pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Kesehatan.(ysn/hg)