Rama Datau dalam Pilwako, Kedepankan Politik Konsep dan Gagasan

0
Rama Datau

 

GORONTALO,hargo.co.id – Kontestasi Pilwako Gorontalo 2018 disikapi oleh Rama Datau harus mengedepankan sebuah politik konsep dan politik gagasan bukan saja hanya politik yang mengedepankan popularitas dan gagah-gagahan saja.

Sebagai ajang 5 tahunan, gagasan atau konsep itu penting untuk bisa di ketahui oleh masyarakat kota Gorontalo karena ini lah yang akan menentukan bagaimana arah kehidupan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kota gorontalo bukan hanya 5 tahun ke depan tetapi jangka panjang.

“Karna menurut saya siapapun yang menjadi walikota gorontalo berikutnya, dia tidak boleh hanya fokus dalam bagaimana menjalankan pemerintahan 5 tahun, tetapi juga harus bisa membuat blue print atau road map kota Gorontalo jangka panjang agar kota Gorontalo dapat bersaing dengan kota-kota lainnya di Indonesia,” ungkap Rama.

Kota gorontalo tidak punya sumber daya alam dan lahan besar seperti kabupaten lainnya, untuk itu menurut Rama Kota Gorontalo ini difokuskan saja menjadi kota perdagangan dan jasa dengan pelayanan nomor satu dengan targetnya minimal bisa masuk no satu di sulawesi dalam 5 tahun ke depan.

“Kota gorontalo sudah cukup mengalami kemajuan yang baik. Saya pernah membaca berita dari dua surat kabar di Gorontalo yg menyebutkan tahun 2016 kota Gorontalo mendapatkan peringkat terbawah untuk segi pelayanan publik yg di nilai oleh Ombudsman,” ujarnya.

Ke depan kota Gorontalo harus memberikan jasa pelayanan publik dengan kualitas nomor satu,harus memiliki jasa pelayanan untuk kesehatan nomor satu agar jangan lagi kalau ada masyarakat yang sakit mereka harus datang ke manado atau makasar untuk berobat.

Pendidikan pun juga harus diberikan yang terbaik bagaimana sekolah di kota ini bisa menghasilkan murid-murid generasi penerus yang berkualitas, dan tidak kalah pentingnya juga pelayanan birokrasi pemerintahan yg lebih baik ke depan dalam melayani keperluan2 masyarakat dan juga pelayanan publik lainnya.

Untuk bisa meningkatkan kualitas dari pelayanan publik tersebut menurut Rama Datau ada beberapa hal yang bisa di lakukan antara lain adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, jika itu terwujud maka pelayanan publik pasti akan bisa lebih meningkat juga.

Selain itu, dengan menggunakan kemajuan teknologi, yang tidak bisa dipungkiri semuanya bergantung pada teknologi, khususnya Handphone (HP).

Dimana mana baik swasta maupun pemerintahan sekarang dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan mereka terhadap publik sdh mulai menggunakan yg namanya teknologi aplikasi, di perusahaan-perusahaan swasta saja sekarang mereka sudah mulai semua masuk ke teknologi untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik.

Contohnya,pesan makanan sudah melalui online. Kalau tidak mengikuti teknologi maka mereka akan kalah berkompetisi dengan perusahaan lain yang menawarkan layanan lebih baik dengan menggunakan teknologi.

Di pemerintahan pun sama, sekarang sudah banyak di kota-kota besar itu pemerintah daerah tersebut membuat suatu aplikasi untuk bisa memberikan pelayanan lebih baik. Contoh di Jakarta ada aplikasi yg namanya “qlue”.

Aplikasi di gunakan untuk masyarakat menyampaikan pengaduan mereka atas keluhan yg mereka temui dalam keseharian mereka. Dengan aplikasi ini masyarakat tersebut tidak perlu lagi untuk datang ke kantor pemerintah/pemda untuk mengadukan sesuatu, dan di pemerintah sendiri akan ada tim khusus yg memang tugasnya menerima langsung aduan masyarakat itu untuk selanjutkan di lakukan tindakan selanjutnya.

“Saya rasa ini juga sangat bagus untuk di pikirkan di buat di Gorontalo mengingat masyarakat kota Gorontalo sekarang sangat mengenal dengan teknologi. Apalagi tentunya seorang walikota tidak akan mungkin untuk bisa menerima semua masyarakat satu persatu untuk mendengarkan aduan mereka, nah dengan aplikasi ini seorang walikota bisa langsung dapat memantau semuanya dalam HP dia. Saya sendiri di kantor sekarang bisa memantau semua pegawai-pegawai saya melalui HP saya,” jelas ketua Garda Pemuda NasDem Provinsi Gorontalo ini.

Selain pelayanan tentunya ekonomi, menurutnya ekonomi di kota ini juga harus bisa kita tingkatkan lebih baik lagi. Salah satunya adalah konsep Bagaimana kita kota Gorontalo ini bisa menjadi kota penyangga perekonomian daerah lain di Provinsi Gorontalo.

“Misalnya kita bisa membangun satu pasar modern seperti di tanah abang untuk di jadikan sentra/pusat penjualan produk-produk muslim untuk wilayah Gorontalo maupun Bolaang mongondow selatan/utara, toli toli dsb. Apalagi Gorontalo sangat di kenal dengan sebutan “serambi madinah” saya rasa cocok kalau kita jadikan kota ini sebagai sentra/pusat perdagangan produk-produk muslim untuk daerah sulawesi bagian atas,” ujar Rama yang juga dikenal sebagai pengusaha ini.

Sektor UKM juga tidak kalah penting untuk mendapatkan suatu konsep atau gagasan bagaimana agar ke depannya itu bisa berkembang.

“Sudah ada beberapa pelaku ekonomi penggerak UKM di Gorontalo salah satunya yg saya tau itu Pak Agus Lahinta, saya sangat apresiasi dia yang mempunyai konsep dan gagasan bagaimana karawo itu yg tadinya pakaian orang dewasa dan formal bisa menjadi tren fashion anak muda dan go internasional.

Saya rasa dengan saling beradu konsep atau gagasan pasti masyarakat kota Gorontalo akan bisa mendapatkan suatu edukasi, dan pengetahuan yang baru untuk mereka dan tentunya suatu suguhan pilihan yang lebih jelas kemana arah pembangunan kota gorontalo ke depan bukan hanya di berikan suatu janji-janji saja karna saya yakin masyarakat kota ini semakin ke depan semakin peduli dengan kemajuan kotanya,” pungkasnya. (wan/hargo)