Ratusan Siswa Cuci Kaki Ibu Mereka

Siswa kelas XII SMK Nuurul Bayan, mencuci kaki orang tuanya dalam rangkaian kegiatan istighosah dan muhasabah menjelang pelaksanaan UN, kamis (31/3). FOTO:ANDRI/RADARSUKABUMI.

Hargo.co.id SUKABUMI – Cara berbeda yang dilakukan oleh Siswa sekolah menengah atas di Sukabumi, Jawa Barat tidak melulu melakukan persiapan materi jelang Ujian Nasional 2015/2016. Persiapan mental dan spiritual pun tak lupa mereka lakoni.

Contohnya para pelajar SMK Nuurul Bayan, Kalapanunggal, Sukabumi, yang menggelar istighosah, Kamis (31/3). Istighosah yang dirangkai dengan pelaksanaan muhasabah ini, diikuti 222 siswa peserta UN, orang tua mereka, seluruh guru dan Muspika Kalapanunggal.

Kegiatan bertema ‘Mewujudkan Peserta Didik yang Mandiri dengan Kemampuan Profesional, Cerdas, Terampil dan Berakhlakul Karimah’ ini diawali zikir dan salawat bersama yang dibimbing kepala sekolah dan guru. Suasana berganti haru ketika siswa mencuci kaki lalu menyuapi makanan kepada masing-masing orang tua siswa.

“Muhasabah dan istighosah saat ini bertujuan untuk mencapai semua hal yang diharapkan khususnya dimudahkan dalam proses UN yang akan dihadapi siswa pada tanggal 4 hingga 7 April, mendatang. Doa ini menjadi motivasi dan semangat siswa dan siswi. Kepada orang tua doakan anak-anaknya agar lulus dengan prestasi,” ungkap Kepala SMK Nuurul Bayan, Deden Saepudin kepada Radar Sukabumi (grup JPNN).