Rio Tampil Lebih Baik, Meski Menganggur pada Sesi I karena Oli Girboks Bocor

rio haryanto dok: JPNN.COM

Hargo.co.id BARCELONA – Rio Haryanto menampilkan performa yang meyakinkan pada uji coba pertama Formula 1 (F1) di Sirkuit Barcelona kemarin (1/3). Meski sempat menganggur pada sesi pertama di pagi hari karena masalah girboks, dia tampil konsisten pada sesi siang hari.

Pembalap Manor-Mercedes tersebut membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 27,699 detik (sampai pukul 23.30 WIB, uji coba selesai pukul 00.00 WIB). Dengan ban soft, itu capaian yang bagus.

Sebagai perbandingan, saat rangkaian tes pertama pekan lalu, dia membukukan best lap 1 menit 28,266 detik, juga dengan menggunakan ban soft.

Uji coba kemarin pada awalnya mengecewakan buat Rio. Sepanjang sesi I yang berjalan selama empat jam, dia nyaris hanya berdiam diri di garasi. Biang keladi masalah pada mobil Rio adalah girboks. Peranti bikinan Williams tersebut mengalami kebocoran oli.

”Letak komponen yang bermasalah itu ada di dalam girboks. Perlu waktu lama untuk memperbaiki,” kata Rio saat ditemui Jawa Pos di sela-sela lunch break di Sirkuit Barcelona kemarin. ”Mesin dibongkar. Jadinya, selama empat jam saya hanya bisa menunggu,” imbuhnya.

Kejadian tersebut bisa saja meruntuhkan mental Rio. Seorang rookie yang dalam tiga bulan terakhir sport jantung menunggu kepastian masuk F1. Antara jadi dan tidak.

Namun, pembalap kelahiran Solo itu tampil percaya diri pada sesi kedua yang dimulai pukul 14.00 waktu setempat (20.00 WIB).

Berangkat dari kisaran waktu 1 menit 31 detik, Rio terus memperbaiki catatan waktunya. Melahap 34 lap sampai pukul 23.30 WIB, dia akhirnya mendekati catatan waktu terbaik yang dibukukan pekan lalu dengan ban soft.

Rio juga tidak membuat kesalahan seperti halnya pekan lalu. Saat itu dia melintir dua kali. Keduanya terjadi di tikungan keempat. Bahkan, pada kejadian kedua, mobil yang dikendarai Rio sampai menabrak pagar pembatas.(hargo)