Rumah Adat Gobel Direhap = Menghilangkan Bentuk dan Bahan Aslinya

0
Sebagian dinding rumah adat Gobel telah dibongkar. Sesuai rencana rumah bersejarah di Gorontalo itu akan dilakukan direhab. (FOTO : Jalal/GP)

Hargo.co.id BONE BOLANGO – Banyak yang tidak mengira bahwa salah satu ikon kebanggaan warga Bone Bolango yakni rumah adat Gobel harus direnovasi.

Meski pemilik berniat baik untuk melakukan peremajaan terhadap bangunan yang terletak di Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango. [Baca: Ikon Bone Bolango Ini Direhap, Begini Tanggapan Warga]

Namun sebagian warga kecewa sebab membuat bangunan peninggalan sejarah itu kehilangan keasliannya.

Menurut anggota Dewan adat Provinsi Gorontalo Yamin Husain mengaku tak mau mengomentari hal itu sebab dirinya tidak tahu persis mengetahui hal itu.

Namun bagi Muhlis Hasiru, baginya langkah pembongkaran bukan menjadi alasan tepat untuk merenovasi atau mempercantik bangunan yang syarat penuh sejarah itu apalagi tanpa berfikir panjang menghilangkan bentuk dan bahan aslinya.

“Kasihan, memang kalau dipikir itu bukan kita punya tapi secara sosial rumah adat Gobel sudah milik bersama karena menjadi kebanggaan masyarakat,”keluhnya.

Ketika dikonfirmasi, H Mohamad Pardede Gobel selaku pihak penanggungjawab proyek itu membenarkan adanya pembongkaran hanya saja pembongkaran itu cuma sebatas peremajaan dari pada bahan bangunannya saja.

Dirinya memastikan bentuk rumah adat akan dikembalikan sama seperti semula dan ditargetkan rampung bulan Agustus ini,

“Ini tetap sama nantinya cuma agak ditambah sedikit tinggi soalnya kelihatan sudah mendangkal,” terang Pardede. (csr/ndi/hargo)