Saat Sidang Praperadilan Hamim Pou, KPK Turut Hadir

Suasana sidang praperadilan Hamim Pou terhadap Kejati Gorontalo yang berlangsung di PN Gorontalo, Kamis (31/3).

Hargo.co.id GORONTALO – Sidang gugatan Praperadilan Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Pengadilan Negeri Gorontalo tak di sangka ternyata menarik perhatian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI).

Bahkan, dalam sidang terkait penetapan tersangka Hamim Pou oleh Kejaksaan Tinggi Gorontalo terkait perkara dugaan korupsi bantuan sosial tahun 2011-2012 itu turut dipantau dan direkam langsung oleh KPK RI.

Pantauan Gorontalo Post (hargo.co.id), terdapat dua orang perwakilan dari Jaringan dan Kerja Sama Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK-RI ke PN Gorontalo. Kedatangan tim anti rasuah itu bertemu langsung dengan Aris Bawono Langgeng SH MH selaku Ketua PN Gorontalo.

Tim KPK yang berjumlah dua orang itu yakni Freddy Reynaldo Hutagaol, dan Gali Gandara. Saat ditemui Gorontalo Post, Freddy Reynaldo mengaku kedatangannya dan bertemu langsung dengan Ketua PN Gorontalo hanya sebatas membahas kerjasama dengan PN Gorontalo.

Sebab selama ini mahasiswa hukum Universitas Gorontalo yang menjadi petugas perekam KPK selalu merekam semua agenda perkara-perkara Korupsi. “Jadi ketika nanti ada persoalan atau hal penting yang terungkap dalam sidang, maka mudah diselesaikan dengan PN Gorontalo,” ujar Freddy.

Menurutnya, terkait Praperadilan Hamim Pou yang dipantau langsung oleh mereka. Freddy enggan mengomentarinya dan memilih untuk meminta komunikasi langsung ke pusat. ” Kami hanya diperintahkan di minta jalin kerjasama dengan PN Gorontalo.