Sampah Bernilai Jutaan

Sampah plastik yang dikumpulkan oleh pemulung dan dijual ke penampung

GORONTALO, hargo.co.id – Masyarakat Gorontalo nampaknya harus pandai-pandai untuk memilah sampah rumah tangga yang bisa dijadikan duit.

Hanya dengan mengumpulkan sampah dalam jumlah yang banyak, warga bisa meraup rupiah tanpa harus mengeluarkan modal yang besar dan bahkan tak membutuhkan modal sama sekali.

Saat ini, di Gorontalo, sampah dihargai hingga Rp3 ribu per kg untuk jenis besi padat atau Rp3 juta per tonnya. Sementara untuk besi rangka, penampung barang bekas menghargai Rp2.500 per kg. Tak hanya sampah besi saja, plastik, kardus dan kertas saat ini juga dihargai. Untuk sampah plastik dihargai Rp2 ribu per kg, kardus Rp800 per kg dan kertas dihargai Rp 1300 per kg.

Salah seorang karyawan perusahaan penampungan barang bekas di Gorontalo Deli mengatakan, dalam seminggu, sampah di Gorontalo yang di kirim ke luar daerah diantaranya Surabaya dan Jakarta itu bisa mencapai 5 kontainer setiap minggunya. Masing-masing, sampah kardus 1 kontainer dengan berat mencapai 12 ton, plastik 2 kontainer dengan berat mencapai 22 ton dan besi 2 kontainer dengan berat 48 ton.

“Kalau sampah plastik mika ke Jakarta, untuk sampah kertas, besi dan kardus paling banyak di kirim ke Surabaya,” katanya.

Dalam sehari, pihaknya mengaku, pasokan sampah dari masyarakat ke tempat penampungan bisa mencapai 2 ton dalam sehari.

“Paling tinggi 2 ton untuk plastik dan 1 ton untuk besi dalam sehari,” ungkapnya. (dan/hargo)