Selang 4 Bulan Selama 2017, 13 Kasus Kebakaran Terjadi

Ilustrasi

Hargo.co.id LIMBOTO – Musibah kebakaran rupanya masih menjadi perhatian serius bagi pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pasalnya, terhitung sejak awal tahun 2017 ini, musibah ini sudah 13 kali terjadi di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Terakhir kalinya terjadi di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kamis (13/4), yang menimpa rumah milik Zaniba Muhammad.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, 13 musibah kebakaran ini menimpa sebanyak 14 unit rumah, 1 unit toko elektronik, 1 unit gudang permanen, serta 1 unit sepeda motor.

Dengan total kerugian mencapai miliaran rupiah. Sementara itu, wilayah yang paling sering terjadi kebakaran yakni Kecamatan Limboto dengan 4 kejadian, Limboto Barat dan Tibawa dengan masing-masing 3 kejadian, menyusul Pulubala, Bongomeme dan Batudaa Pantai dengan masing-masing 1 kejadian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, Doni Lahati, saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini adalah masa transisi pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau sehingga musibah kebakaran memang sangat rawan terjadi pada kondisi seperti ini.

Adapun penyebab kebakaran masih didominasi oleh korsleting listrik.

“Untuk itu sekali lagi kami sangat menghimbau kepada masyarakat untuk mengecek kembali instalasi listrik di rumah masing-masing terlebih yang instalasinya sudah di atas 5 tahun.

Selain itu juga kami mengingatkan lagi untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran seperti membuang puntung rokok sembarangan serta melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar,” ujarnya.

Doni Lahati menambahkan, dirinya berharap agar masyarakat juga bisa dengan cepat memberikan informasi kepada pihak BPBD jika terjadi musibah kebakaran di wilayah masing-masing.

“Saat ini kami telah memaksimalkan kecepatan respon dan tindakan yakni kurang dari 30 menit, kami pun telah berulang kali mensosialisasikan upaya penanganan kebakaran, dan kami sudah menyebarkan nomor unit Pemadam Kebakaran di setiap media,” tambahnya.

Sebagai langkah antisipasi kedepannya, Doni mengatakan, pihaknya telah merekrut serta memberikan pelatihan kepada 10 tenaga pemadam kebakaran baru.

“Pada awal bulan Mei juga kami akan mendapatkan tambahan mobil Pemadam Kebakaran yang didatangkan dari Jepang,” tandasnya.(tr-55/hargo)

Kebakaran di Kabupaten Gorontalo sejak awal 2017
Tanggal lokasi Objek
1. (13/1) Tunggulo Limbar 1 motor
2. (13/1) Yosonegoro Limbar 2 rumah
3. (17/1) Tohupo Bongomeme 1 rumah
4. (20/1) Tolotio Tibawa 2 rumah
5. (20/1) Kayubulan Limboto 1 rumah
6. (20/1) Hunggaluwa Limboto 1 rumah
7. (7/2) Hunggaluwa Limboto 1 rumah
8. (23/2) Mulyonegoro Pulubala 1 gudang permanen
9. (13/3) Bionga Limboto 3 rumah
10. (21/3) Huidu Utara Limbar 1 rumah
11. (23/3) Ilomata Tibawa 1 rumah
12. (2/4) Datahu Tibawa 1 rumah 1 toko
13. (13/4) Bongo Batudaa Pantai 1 rumah
sumber : BPBD Kabupaten Gorontalo