Selebaran Iklan Jangan Rusak Wajah Kota

SELEBARAN iklan liar yang terpampang di pohon di sepanjang jalan Pangeran Hidayat atau JDS Kota Gorontalo.

Hargo.co.id Gorontalo – Selebaran iklan liar akhir-akhir ini terus menjamur dengan memenuhi sudut Kota Gorontalo. Berbagai model iklan perusahaan bisnis swasta itu kian bertebaran dimana saja, terutama yang bersarang di pohon-pohon sepanjang jalan utama.

Hal ini tentu saja menarik perhatian warga. Bahkan, mereka mepertanyakan bagaimana bisa eksistensi Kota Gorontalo yang selama ini meraih piara Adipura.

Dari pantauan Gorontalo Post, pepohonan rindang yang tubuh subur di sepanjang jalan utama Kota Gorontalotak elok lagi dipandang mata. Seperti di jalan Pangeran Hidayat atau jalan dua susun (JDS) Kota Gorontalo, ratusan stiker dan spanduk iklan liar ramai terpampang di sepanjang jalan. Mungkin saja lokasi tersebut merupakan titik strategis para pelakon bisnis ini untuk memasarkan berbagai prodaknya dengan gratis.

Bahkan tanpa harus membayar pajak iklan kepada pemerintah Kota Gorontalo. Hal ini menyebabkan keindahan sudut Kota Gorontalo itu tak elok lagi. Tidak hanya itu, pepohonan yang tumbuh subur tersebut bisa terancam perkembangannya.

Pasalnya, masuknya benda keras seperti paku beton yang ditancapkan ke dalam batang pohon untuk memperkuat ketahanan iklan itu tanpa disadari mereka bisa merusak pertumbuhan pohon yang tengah beurumur belasan tahun tersebut.

Rusdin (45) misalnya, salah seorang PNS di Bone Bolango menyoroti iklan tersIklanbut memang kerap dipasang oknum swasta untuk mengiklankan produk. Pasalnya, memasang selebaran iklan di batang pohon tergolong gratis. Namun mereka tidak sadar akan resikonya. “Kalau itu iklan rusak atau pudar, pasti ada saja sales-sales yang pasang iklan yang baru,” kata Rusdin.

Belum adanya tindakan tegas dari pemerintah setempat mengindikasikan terus menjamurnya iklan yang merusak pohon. “Kota Gorontalo kan juga dapat piala Adipura. Bagaimana bisa dapat sementara keindahan kota tidak terjaga,” pungkasnya bertanya-tanya keheranan.(tr-54/hg)