Serangan Mesir: Salah Satu Teror Paling Mematikan Sejak 9/11

TRAGIS: Para korban ledakan di Mesir dikumpulkan dalam salah satu RS. (STRINGER / AFP)

Hargo.co.id  – Serangan Masjid Ar-Raudhah, Markaz Bir El-Abd, kota El-Arish, Sinai Utara di yang menewaskan sedikitnya 235 orang, adalah salah satu serangan paling mematikan sejak tragedi 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Berikut adalah serangan-serangan teror yang paling memakan banyak korban jiwa.

Amerika Serikat (2001)
Hampir 3.000 orang tewas dalam teror ini. Ini adalah serangan paling mematikan dalam sejarah yang terjadi di AS pada 11 September 2001. Empat pesawat penumpang dialihkan dari rutenya dan tiga di antaranya dengan sengaja menabrakkan diri ke menara kembar World Trade Center di New York dan Pentagon di Washington DC. Kecelakaan keempat terjadi di Pennsylvania. Serangan tersebut diklaim oleh Al Qaeda.

Irak (2007)
Sebanyak 400 tewas dalam serangan pada 14 Agustus 2007. Saat itu empat bom truk bunuh diri meledak di desa-desa di Al-Khataniyah dan Al-Adnaniyah yang sebagian besar dihuni oleh anggota komunitas Yazidi di provinsi Nineveh, Irak utara. Serangan serentak itu diduga dilakukan oleh Islam Sunni.

Somalia (2017)
Korban jiwa 358 tewas setelah sebuah bom truk di sebuah distrik komersial yang sibuk di barat laut Mogadishu meledak pada 14 Oktober 2017. Ini adalah salah satu serangan yang paling mematikan yang menggunakan kendaraan sebagai senjata.
Tidak ada yang mengklaim bertanggung jawab, namun secara luas dilihat sebagai karya Shabaab, sebuah kelompok pejuang pemberontak yang selaras dengan Al-Qaeda.

Irak (2016)
Menelan 323 jiwa, sebuah minibus yang berisi bahan peledak meledak mengguncang Baghdag, Iraq, pada 3 Juli 2016. Serangan yang diklaim oleh kelompok Islam jihadis itu membakar beberapa bangunan dan rumah bertingkat satu. Terjadi di Karrada, sebuah daerah perbelanjaan terutama Syiah di ibukota yang ramai, insiden mematikan itu terjadi sebelum perayaan akhir bulan puasa Ramadan.

Mesir (2015)
Sebanyak 224 tewas pada teror yang terjadi pada 31 Oktober 2015. Sebuah jet Rusia yang meninggalkan Mesir menabrak semenanjung Sinai. Itu adalah kecelakaan udara terburuk di Rusia. Kelompok terkait negara Islam mengklaim bertanggung jawab untuk menjatuhkan pesawat. Para ahli tidak menutup kemungkinan adanya bom di kapal.

Indonesia (2002)
Korban jiwa 202 meninggal pada 12 Oktober 2002 setelah sebuah restoran bar dan diskotek di Bali dibom. Serangan tersebut dilakukan oleh komando Jemaah Islamiyah yang terkait dengan Al-Qaeda.(*)

Ikuti trending topic ledakan bom di Mesir melalui tautan berikut ini:
– Bom Meledak di Masjid Ar-Raudhah Mesir

(tia/AFP/JPC/hg)