Si Jago Merah Mulai Lagi, 7 Hektar Hutan Produksi di Kabgor Terbakar

Tampak dari pemukiman warga di Desa Ayumolingo, api berkobar di wilayah bukit Hutan Produksi di desa setempat, Sabtu, (8/4). (Gorontalopost/hargo)

Hargo.co.id GORONTALO – Kasus kebakaran hutan kembali terjadi. Kali ini melanda hutan produksi di wilayah Desa Ayumolingo, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Seluas 7 hektar areal hutan ludes.

Belum diketahui sebab musabab kebakaran, namun diduga kuat hal itu diakibatkan ulah sejumlah oknum yang ingin membuka kawasan hutan tersebut menjadi areal pertanian.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post menyebutkan, Titik api muncul sejak Jumat, (8/4). Namun hal itu tak langsung diketahui warga sekitar. Nanti setelah Sabtu, (9/4) pagi, ketika kobaran api di areal pegunungan itu terlihat dari pemukiman warga.

Sementara itu, petugas BPBD Kabupaten Gorontalo bersama Polisi Hutan (Polhut), Satpol PP, serta unsur TNI-Polri dibantu warga setempat langsung menuju lokasi kebakaran.

Upaya pemadaman hanya dilakukan dengan cara manual. Yakni dengan memangkas rumput dan menebang areal pohon di wilayah sekitar kebakaran agar api tidak semakin meluas, berikut memadamkan api dengan menyemprotkan gas menggunakan Tangki yang pinjam dari salah satu perusahaan perkebunan sawit di Pulubala.