Siap Perang dengan AS, Pejabat Korut Tidur dengan Sepatu Terpasang

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un (AFP)

Hargo.co.id – Seorang pakar Rusia, Kepala Institut Studi Oriental Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Alexander Vorontsov mengatakan, Amerika Serikat telah mempersiapkan diri jika terjadi perang dengan Korea Utara (Korut) selama berbulan-bulan.

Ia juga menduga Korut takut jika perang antara AS dan negaranya benar-benar pecah.

Dalam situs analisis 38North, Vorontsov menyampaikan, Korut dalam kondisi tidak stabil. Ia mengamati hal tersebut dalam sebuah perjalanan ke Pyongyang pada pertengahan November lalu.

Rudal Korut

Rudal Korut (KCNA)

Saat ia melakukan percakapan dengan beberapa pejabat di sana, ia tahu para diplomat Korut sangat serius menduga ada kemungkinan akan terjadi perang antara Korut dan AS. Ini terlihat dari Korea Selatan dan AS melakukan latihan gabungan selama beberapa bulan terakhir yang disebut Vigilant Ace. Latihan tersebut melibatkan 230 pesawat tempur.

“Hanya tinggal satu pertanyaan, kapankah perang bakal benar-benar dimulai?” kata pejabat Korut tersebut seperti ditulis oleh Vorontsov, Jumat, (12/1).

Jika perang segera terjadi, tentara Korut terus bersiaga. Padahal seperti dilansir Yonhap News, Vorontsov mengatakan, para pejabat yang ada di Korut sama sekali tidak menginginkan perang dengan AS.

“Mereka bahkan tidur dengan sepatu masih terpasang untuk bersiap-siap,” ujar Vorontsov mengutip pejabat Korut tersebut.

Dia menambahkan, Korut menegaskan kembali komitmen negara mereka untuk mencapai cita-cita negara nuklir. Mereka bersikeras melakukannya untuk mempertahankan kelangsungan hidup negara mereka.

(iml/JPC)