Siap-siap, 178 PKL di Kawasan Pusat Pertokoan Kota Gorontalo Segera Direlokasi

CAPT : PKL di kawasan pusat pertokoan Jalan Suprapto Kecamatan Kota Selatan yang rencananya akan direlokasi Pemkot ke Pasar Jajan dengan alasan untuk penataan kota yang sudah terlihat kumuh. (FOTO : Rudini/GP)

Hargo.co.id KOTA – Kawasan pusat pertokoan Kota Gorontalo, tepatnya di Jalan Suprapto Kecamatan Kota Selatan kini tak lagi tertata bahkan terkesan semraut dan kumuh.

Untuk itu dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Gorontalo akan merelokasi sebanyak 178 Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan tersebut.

Dari data yang dihimpun dari Pemkot Gorontalo, tercatat sebanyak 128 PKL di jalan Suprapto, dan 48 PKL di jalan MT Haryono akan dipindahkan ke kawasan yang baru.

Kawasan alternatif yang kini disiapkan Pemkot adalah kawasan pasar jajan Kota Gorontalo.

“Ini (penataan PKL) sudah masuk rencana kami dalam rangka untuk penataan kawasan-kawasan stategis, yang telah kita buatkan rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL) serta Detail Engenering Desain (DED)nya yaitu kawasan Jhon Ario Katili, kawasan Taruna Remaja, dan Kawasan pusat perdagangan kaki lima di pusat pertokoan,” jelas Walikota Gorontalo Marten Taha kepada Gorontalo Post (grup hargo.co.id) baru-baru ini.

Meski sudah harus dilakukan relokasi tahun ini juga, namun Walikota Marten Taha mengatakan untuk pemindahan PKL perlu persiapan yang matang.

Sebab pihaknya tidak ingin, dengan adanya relokasi itu maka penghasilan para PKL bisa menurun atau bahkan mati.

“Khusus untuk PKL tidak serta merta kita bisa melakukan pemindahan begitu saja. Kita harus melakukan pendekatan, sosialisasi, dan pembicaraan-pembicaraan secara intensif dengan mereka,”jelas Marten Taha.