Siapkan Dua Ribu Paket Sembako Murah Demi Antisipasi Inflasi

Bawang merah dan cabai merah menyumbang inflasi terbesar Desember di Purwokerto. Bulan lalu, inflasi mencapai 0,32 persen. Ilustrasi : Dimas B/Radar Banyumas

Hargo.co.id TULUNGAGUNG – Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar M Sarmuji menggelar pasar murah di Pasar Ngantru, Tulungagung dan di Blitar, Jawa Timur, Minggu (18/6).

Langkah tersebut diambil untuk menjaga inflasi serta menekan harga-harga kebutuhan bahan pokok yang saat ini mulai merangkak naik.

“Antusiasnya baik, kalau dilepas pasti akan membludak. Maka kami berikan kupon pada masyarakat agar lebih teratur,” ujar Sarmuji dalam pesan elektronik yang diterima.

Menurut Sarmuji, ada sekitar dua ribu paket sembako yang disiapkan untuk kegiatan pasar murah di Pasar Ngantru. Berisi beras, gula dan minyak goreng.

Pada kegiatan pasar murah, juga dibuka jasa pertukaran uang yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Petugas BI juga memberikan sosialisasi pada masyarakat bisa membedakan mana uang asli dan palsu.

“Saya kira ini bisa mengontrol harga dagangan para pedagang. Secara tidak langsung keberadaan pasar murah ini memberi pesan jika kebutuhan bahan pokok dapat dipenuhi dengan baik,” pungkas Sarmuji.(HG/gir/jpnn)