Simak! LLAJ-Satpol Dilarang Gunakan Sirene

Ilustrasi

Hargo.co.id Gorontalo – Rupanya aturan penggunaan lampu sirene, rotator maupun lampu strobo tidak hanya haram digunakan oleh warga sipil, tapi juga mobil dinas baik Dinas Perhubungan atau Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Yan Budi Jaya SIK melalui Kasat Lantas AKP Ronni Barli Ibrahim,SIK menjelaskan, memang sudah banyak masyarakat yang mempertanyakan tentang penggunaan sirene, lampu rotator maupun strobo.

Oleh karena itu, untuk Dinas Perhubungan dan Satpol PP, pihaknya telah melakukan koordinasi dan komunikasi agar tidak lagi mempergunakan sirene. Kalau persoalan lampu kuning yang dipergunakan di mobil dinas, itu tidaklah masalah. “Jangan sampai, ada supir di pemerintahan yang tidak tahu aturan. Jadi perlu diingatkan sehingga tidak terjadi persoalan di lapangan,” ujar Ronni.

Hal lainnya yang dipersoalkan dan dipertanyakan oleh masyarakat yakni penggunaan strobo dan rotator. Bila mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, sudah sangat jelas aturan penggunaan strobo, rotator maupun sirene.

Jika ada yang melanggar ketentuan tersebut, tentu pihaknya akan melakukan penertiban. Bahkan, kata Ronni, selama 14 hari melakukan operasi zebra, pihaknya telah mengamankan kurang lebih 20 lampu strobo dan rata-rata digunakan di mobil, baik itu pribadi maupun mobil dinas.

“Modifikasi kendaraan memang sudah menjadi sebuah tred. Meski demikian, tentunya harus sesuai dengan aturan yang ada. Jika melanggar, maka akan kami tindak tegas, termasuk penggunaan lampu, sirene dan lain sebagainya,” terangnya.

Tak hanya itu saja, saat ini lampu strobo maupun rotator yang dipergunakan oleh masyarakat di kendaraan mereka, kini telah diamankan dan telah dibuatkan surat tanda terima. “Mereka menyerahkannya secara ikhlas, karena memang lampu ini tidak bisa dipergunakan sembarangan. Anggota kepolisian saja, ketika mempergunakan lampu strobo dan rotator di kendaraan pribadi milik mereka, maka akan ditindak,” pungkasnya. (kif/hg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *