Sstttt… Lowongan CPNS, Soal Tes Baru Sudah Diterima MenPAN

0
MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi. Foto: Dokumen JPNN.com

Hargo.co.id JAKARTA – Kabar baik bagi masyarakat yang menunggu-nunggu apakah bakal ada tes CPNS baru tahun ini terjawab.

Meski moratorium rekrutmen masih berlangsung, pemerintah tetap membuka lowongan CPNS baru dalam jumlah terbatas. Kamis (21/1) Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi menerima 18.820 butir soal tes CPNS baru 2016 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Perinciannya adalah 4.817 butir soal tes karakteristik pribadi (TKP), 8.001 butir tes inteligensi umum (TIU), dan 6.002 butir soal tes wawasan kebangsaan (TWK). Seremoni penyerahan 18 ribu butir soal yang tersimpan dalam sekeping CD itu dipimpin langsung oleh Yuddy bersama Mendikbud Anies Baswedan.

Setelah serah terima, Yuddy menegaskan, masyarakat jangan lantas beranggapan bahwa bakal ada tes CPNS baru secara masal seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Pemerintah belum berencana untuk membuka tes CPNS baru. Ini hanya soal ujian untuk mengantisipasi jika nanti dibuka tes CPNS baru,’’ kata menteri asal Bandung itu.

Yuddy menjelaskan, soal kuota, tanggal pelaksanaan, maupun urusan teknis rekrutmen CPNS baru hingga sekarang sama sekali belum ditetapkan.

Yuddy menceritakan, kebijakan moratorium CPNS baru tetap berjalan. Karena itu, kalaupun nanti dibuka lowongan CPNS baru, jumlah dan formasinya sangat terbatas. Dia menyatakan, CPNS baru hanya dibuka untuk formasi tenaga pendidik, kesehatan, keamanan, dan sekolah kedinasan.

’’Tidak mungkin ada guru yang pensiun terus dibiarkan kosong. Nanti yang mengajar anak-anak kita siapa?’’ katanya.

Begitu pula di lingkungan medis, Yuddy mengatakan tidak mungkin pemerintah membiarkan puskemas kosong tanpa ada perawat, bidan, maupun dokter umum.

Khusus untuk rekrutmen CPNS formasi guru, pihaknya berkoordinasi dengan Kemendikbud. Sebab, rekrutmen guru itu terkait dengan program Guru Garis Depan (GGD) Kemendikbud. Dalam program tersebut, guru akan ditempatkan di daerah terpencil. Pendaftarnya juga bukan sembarang sarjana guru, tetapi alumni program sarjana mendidik di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (SM3T).

Kalaupun nanti tes CPNS dibuka, Yuddy menjamin berlangsung secara jujur. Dia mengatakan, tidak akan ada KKN dalam bentuk suap atau sogokan. Dia menuturkan, aparatur CPNS baru yang direkrut harus sosok yang berkarakter.

Mendikbud Anies Baswedan mengucapkan terima kasih karena dipercaya membuat soal tes CPNS baru. Dia mendukung pelaksanaan tes CPNS baru secara adil dan tanpa ada nuansa KKN.

’’Jangan sampai masih ada yang bilang, saya masuk tanpa bayar, tetapi dia itu bayar,’’ kata Anies. Dia berharap seluruh CPNS diterima tanpa ada satu orang pun yang menyuap. (JPG/hargo)