Sukseskan Pilwako, Pemkot-KPUD Teken NPHD, Nilainya Rp 23,3 Miliar

Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba ketika menandatangani NPHD yang diberikan Pemkot (F : Humas)

KOTA,hargo.co.id – Sebagai bentuk Komitmen dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwako)Gorontalo 2018.

Maka pemerintah Kota Gorontalo bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Gorontalo melaksanakan penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kota Gorontalo.

Adapun nominal NPHD yang disepakati kedua belah pihak dan telah ditandatangani tersebut sebesar Rp 23,5 Miliar. Jika melihat nominal yang ada, maka jumlah yang disepakati tersebut turun dari pengajuan awal oleh KPUD Kota Gorontalo sebesar 27,8 Miliar.

Hal ini ikut dibenarkan oleh Walikota Gorontalo Marten Taha usai penandatanganan NPHD kemarin.

“Memang bahwa, biaya peyelenggaraan Pilkada menjadi tanggung jawab Pemda setempat, dan menjadi bagian dari belanja ABPD. Nah, KPUD Kota Gorontalo sebelumnya telah mengajukan Rp 27.8 Miliar. Tetapi setelah dilakukan pembahasan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dengan mempertimbangkan penyesuaian sebagaimana kebutuhan, menghasilkan Rp 23,5 M. Kemudian dilakukan pembahasan kembali oleh TAPD – Banggar DPRD Kota Gorontalo sehingga hasil akhirnya adalah memutuskan 23,2 M. Sehingga jumlah ini berkurang sekitar Rp 4,5 M yang dipangkas dari pengajuan sebelumnya oleh KPU,” ujar Walikota.

Kesepakan anggaran ini lanjut walikota, disesuaikan dengan satuan harga kebutuhan KPUdengan jumlah yang wajar.

“Dalam teknisnya, anggaran ini juga tidak dikucurkan sekaligus, tetapi dikucurkan 3 tahap, dimana tahap pertama pada APBD Tahun ini, sebesar Rp 1.5 Miliar, tahap kedua di APBD Perubahan yang nominalnya sesuai pengajuan KPU, sedangkan sisanya APBD tahun 2018,” jelas Walikota.

Lebih lanjut, Walikota menuturkan, kalaupun dalam penyelenggaraannya jumlah tersebut tidak Habis, maka tentunya sebagaimana mekanisme KPUD Wajib mengembalikan kepada daerah.

“Kami atas nama pemerintah Kota Gorontalo mengharapkan semua pihak untuk secara bersama sama menyatykan komitmen dalam mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pilwako Gorontalo 2018 mendatang, karena hajatan demokrasi ini, merupakan tugas seluruh komponen dan elemen. (gip/hargo)