Supermodel Tercipta dari Fotografer Terhormat Ini

SENI: Tina Tunner (kiri). (Foto kanan, dari kiri ke kanan) Naomi Campbell, Linda Evangelista, Tatjana Patitz, Christy Turlington, dan Cindy Crawford, di New York, 1990 (Peter Lindbergh via CNN)

Hargo.co.id – Selama 40 tahun Peter Lindbergh menjadi fotografer fashion paling dihormati. Karya-karyanya terkenal di seluruh dunia. Salah satu yang paling fenomenal adalah foto hitam putih model-model papan atas seperti Kate Moss, Naomi Campbell, dan Linda Evangelista, Lindbergh, dan Cindy Crawford, yang dijepretnya pada 1990an.

Dari foto-foto itulah, kebangkitan supermodel dimulai. Dengan kata lain, Lindbergh menjadi tokoh di balik tenarnya kata supermodel di dunia. Selain model-model. Lindbergh juga mengambil foto tokoh-tokoh dan seniman-seniman ternama. Seperti aktris Julianne Moore dan Charlotte Rampling serta musisi Tina Turner serta Daft Punk.

Saat ini, karya Lindbergh menjadi koleksi seni yang berharga. Lebih dari 220 karyanya muncul dalam pameran tunggalnya bertajuk Peter Lindbergh: A Different Vision on Fashion Photography. Pameran yang dimulai pada September tahun lalu di museum Kunsthal, Rotterdam, Belanda, itu akan tur keliling kota-kota besar di dunia.

Namun, meski Lindbergh membangun karirnya dengan menjual foto-foto kecantikan, dia menolak keras editan foto yang sekarang banyak dilakukan media. Dia pun menolak untuk me-retouch karyanya. ”Model-model itu berubah dari aslinya. Saya pikir itu gila. Mimpi kesempurnaan dan muda selamanya adalah pikiran konyol,” ungkapnya. (CNN/tia)