Tabrakan, Kapal Perang AL AS Kalah dengan Kapal Kontainer

0
HANCUR: Lambung kanan kapal USS Fitzgerald yang tertabrak pada Sabtu (17/6) dini hari waktu setempat. (Kyodo/via REUTERS)

Hargo.co.id– Tujuh pelaut hilang dan tiga orang terluka ketika kapal perang Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) bertabrakan hebat dengan kapal kontainer berbendera Filipina. Kapal Arleigh Burke yang masuk dalam tim kapal pengancur USS Fitzgerald itu bertabrakan di perairan Shimoda, Jepang.

Penjaga Perairan Jepang mengatakan kalau kapal AL AS itu kemasukan air. Namun, diprediksi tidak akan tenggelam. Sementara itu, kapal kontainernya baik-baik saja dan masih bisa melanjutkan perjalanan.

Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 2.30 waktu setempat di selatan Yokosuka. Itu adalah kecelakaan yang amat jarang terjadi di perairan yang padat tersebut. Tiga kru yang luka sudah dievakuasi termasuk komandan kapal Bryce Benson. ”Benson dalam kondisi stabil setelah kami bawa ke RS AL AS di markas Yokosuka,” tutur pernyataan yang dirilis AL AS.

EVAKUASI: Kru  USS Fitzgerald melakukan evakuasi untuk memindah korban ke RS AL di RS AL AS di markas AS di Yokosuka, Jepang, Sabtu (17/6).

EVAKUASI: Kru USS Fitzgerald melakukan evakuasi untuk memindah korban ke RS AL di RS AL AS di markas AS di Yokosuka, Jepang, Sabtu (17/6). (AP)

Belum jelas bagaimana tabrakan itu bisa terjadi. ”Kami masih melakukan penyelidikan. Begitu hasilnya keluar, bila ada pelanggaran hukum, akan dilanjutkan kemudian,” tutur juru bicara USS Fitzgerald. ”USS Fitzgerald mengalami kerusakan di bagian sisi kanan dan di bawah garis air,” sambungnya lagi.

Perusahaan Nippon Yusen yang mencarter kapal kontainer ASX Crystal itu menyatakan akan bekerja sama dengan penyedikan. Memiliki berat 29 ribu ton, kapal kontainer itu memang lebih besar tiga kali dengan kapal AL AS tersebut. Bayangkan saja, mereka sedang membawa 1.080 kontainer dari pelabuhan Nagoya menuju Tokyo.

Maka, tidak mengherankan kalau kemudian kapal AL AS “kalah” saat bertabrakan dengan kapal kontainer tersebut. Sebanyak 20 anggota kru kapal yang semuanya warga negara Filipina juga baik-baik saja dan kapal tidak mengalami kerusakan apa pun. (hg/Reuters/BBC/tia/JPK)