TEGAS! Pemda Kabgor Cabut Izin Miras

Mobil truk Hino warna hijau, DM 8719 B bermuatan ribuan botol miras jenis pinaraci asal Manado diamankan anggota Brimob yang berjaga di perbatasan Gorontalo-Sulawesi Utara, Desa Kotajin, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara.

LIMBOTO, hargo.co.id – Pemerintah Kabupaten Gorontalo memastikan tidak ada lagi izin peredaran minuman keras (Miras) di Kabupaten Gorontalo.

Ini menyusul sikap tegas pemerintah dengan tidak memberikan izin kembali kepada dua perusahaan pemilik gudang miras di Kabupaten Gorontalo. Seperti yang diketahui, selama ini izin miras untuk masih berlaku.

Namun setelah izinnya habis pada 3 Juni dan 8 Juni lalu, pemerintah mengambil langkah tegas untuk tidak memperbolehkan lagi keduanya beroperasi.

Dalam surat keputusan Bupati Gorontalo, ditegaskan setelah izin dua perusahaan
itu habis, maka pemerintah tidak memberikan izin kembali, maupun rekomendasi pada perusahaan manapun untuk mengedarkan Miras. Sehingga tidak ada lagi alasan dari perusahaan, mengelak bahwa pengurusan izin sementara di proses.

Pasalnya beberapa hari sebelumnya, pihak kepolisian menemukan truk pengangkut Miras . Ketika dimintai keterangan, pihak truk mengaku bakal mengantar Miras ke Kabupaten Gorontalo, sebab izin perusahaan mereka sementara diperpanjang.

“Tidak ada lagi perpanjangan izin, tidak ada lagi pemberian izin. Semua peredaran Miras di Kabupaten Gorontalo tidak dibenarkan,” tegas Wakil Bupati Gorontalo Fadli Hasan Senin (19/6) usai rapat evaluasi bersama Bupati Gorontalo.

“Mudah-mudahan ini (keputusan) bisa didukung oleh seluruh Masyarakat yang ada di Kabupaten Gorontalo. Ini langkah kami untuk meminimalisir kejahatan, karena kita bisa lihat banyaknya tindak kriminalitas rata-rata berawal dari Miras,” tambahnya lagi.

Wabup juga mengajak masyarakat berpartisipasi aktif mendukung pemerintah, untukmengawasi peredaran miras ini lapangan. Jika ada penjualan bisa langsung melaporkan, dan bakal ditindak.

Selain itu, dalam waktu dekat ini pemerintah juga bakal melakukan penertiban yang dipimpin Satpol-PP Kabupaten Gorontalo,untuk mengecek kedua perusaahaan Miras yang bermarkas di Kabupaten Gorontalo, apa masih beroperasi atau tidak.(nat)