Terminal Telaga Bakal Dibangun Rusunawa

terminal yang berada di kompleks Gelanggang 23 Januari Telaga ini akan dirubah menjadi lokasi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

TELAGA – Hargo.co.id Pemerintah daerah memiliki rencana baru untuk memanfaatkan Terminal Telaga yang saat ini sangat sunyi dari para penumpang maupun mobil angkutan kota (Angkot).

Rencananya, terminal yang berada di kompleks Gelanggang 23 Januari Telaga ini akan dirubah menjadi lokasi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Sementara untuk terminalnya, akan direlokasi ke tempat yang lebih strategis.

Pantauan Gorontalo Post Minggu (16/4), terlihat situasi di Terminal Telaga yang sangat sunyi, tak ada satupun mobil angkot yang seharusnya menghiasi sebuah terminal.

Bahkan tak jarang di tempat ini sering kali ditemui pesta miras saat malam hari sehingga juga menjadi salah satu target operasi malam dari kepolisian.

Sementara itu di sepanjang jalan Trans Sulawesi mulai dari depan Telaga Mart (TM) hingga depan kantor camat telaga, terlihat mobil-mobil angkot terparkir memanjang sehingga menyebabkan kemacetan.

“Penumpang-penumpang tidak ada yang mau ba tunggu oto di terminal pak, samua cuman mo ba cari oto disini, jadi percuma torang mo badiam di dalam terminal, tidak mo dapa penumpang disitu,” ujar Anto (38), salah satu sopir angkot.

Chintia (26), salah satu penumpang mengatakan dirinya lebih memilih menunggu angkot di pinggir jalan dari pada harus ke Terminal. Karena, selain lokasinya lebih jauh ke dalam, kondisi Terminalnya juga menurutnya sangat tidak nyaman. “Tidak strategis skali depe tampa, masih mo maso kasana ka dalam kong depe tampa tidak ta urus,” keluhnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat dikonfirmasi Gorontalo Post mengatakan, saat ini dirinya telah mempersiapkan untuk merelokasi Terminal Telaga karena dianggap kurang strategis.

“Anggarannya sudah siap yakni sekitar Rp 400 Juta dan tahun ini juga akan segera kita bangun terminal baru yang berlokasi di Kantor Camat Telaga. Dan Kantor Camat Telaga akan kita pindahkan ke sebelah Polsek Telaga yang nantinya disitu akan kita buat kompleks perkantoran Kecamatan Telaga,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk lebih mendukung lokasi Terminal yang baru, pihaknya pun akan membangun Mall serta hotel di depan Terminal Baru tersebut, sehingga menjadi salah satu destinasi bagi para penumpang.

“Sementara untuk lokasi terminal saat ini, itu nantinya kita akan ubah menjadi sebuah Rusunawa. Yang nanti bisa digunakan para pekerja kantoran yang belum memiliki rumah.

Selain itu para atlet di Gelanggang 23 Januari pun bisa memanfaatkannya, karena Gelanggang tersebut juga kita akan benahi tahun ini dan menjadi pusat pelatihan para atlet Kabupaten Gorontalo,” tambahnya.(tr-55/hg)