Ujian Nasional Perbaikan hanya Sekali

Ilustrasi ujian nasional.

Hargo.co.id JAKARTA – Seminggu menjelang ujian nasional perbaikan (UNP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Sebab, UNP tidak akan digelar kembali meski nilai peserta tetap di bawah standar.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam menyampaikan, aturan tersebut sudah menjadi ketetapan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

BSNP hanya memberikan kesempatan satu kali bagi peserta untuk memperbaiki nilai ujian nasional (unas) mereka sebelumnya.

’’Tidak perlu stres atau tegang. Jangan lupa berdoa dan meminta restu orang tua,’’ tutur Nizam kemarin (14/2).

Peserta UNP merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA)/kejuruan (SMK) dan sederajat serta peserta paket C yang mendapat nilai di bawah 55 pada unas sebelumnya. Sebagaimana diketahui, mereka tetap dinyatakan lulus meski nilai mereka di bawah standar.

Namun, mereka diberi kesempatan kembali untuk memperbaiki nilai melalui UNP meski tidak wajib. Dari seluruh siswa dengan nilai di bawah standar, hanya 4 persen atau 67 ribu orang yang mendaftar untuk mengikuti UNP.

Lalu, bagaimana bila nilai peserta justru lebih rendah daripada sebelumnya? Nizam mengatakan, peserta tidak perlu khawatir. Mereka diberi hak untuk memilih dan menggunakan nilai terbaiknya.