Wabah Anthrax Kian Meluas, Di Hunggaluwa 1 Ekor Sapi Dimusnahkan

Petugas dari DKPP Kabupaten Gorontalo melakukan pemusnahan sapi yang tekena penyakit Antrahx

Hargo.co.id GORONTALO – Dalam beberapa pekan terakhir wabah Virus anthrax di Kabupaten Gorontalo,penyebarannya kian meluas. Jika sebelumnya virus antrhax yang menyerang ternak ini hanya ditemukan di empat desa di Kabupaten Gorontalo, kini Virus ini mulai merambah ke wilayah lain.

Meskipun Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gorontalo telah melakukan berbagai upaya pencegahan, termasuk mengisolasi ternak sapi di empat desa di Kecamatan Telaga, namun Virus ini mulai menyerang ternak di wilayah lainnya. Seperti yang terjadi di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto,pada Senin 19/4, Virus Anthrak kembali menyerang ternak sapi milik warga setempat.

Kepada awak media Karim Ali, pemilik ternak sapi yang diserang Virus Anthrax menjelaskan, sebelumnya ternak sapi miliknya itu tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, namun saat ia hendak melihat sapinya yang dilepas diarea danau limboto, ternyata sapi tersebut ditemukan sudah tidak bernyawa alias mati medadak.

“Sebelumnya tidak ada tanda-tanda, tapi waktu tadi pagi jam 7 (Senin kemarin,Red), saya hendak menjemput sapi yang dilepas disekitar danau limboto,tiba-tiba sapi ini saya temukan sudah mati.” ujar Karim Ali

Melihat kejadian ini atas saran warga, Karim Ali bersama warga lainnya melaporkan peristiwa ini ke Posko penanganan Wabah Anthrax Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Gorontalo untuk selanjutnya dilakukan penelitian.

Saat itu juga petugas dari Dinas DKPP lansung turun ke lokasi dan melakukan uji sampel dari ternak tersebut dan setelah diteliti ternyata hasilnya positif Anthrax. Petugas bersama warga setempat,Kemudian memutuskan untuk dilakukan pemusnahan sapi yang terserang Anthrax.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas DKPP Kabupaten Gorontalo, drh. Asriyana Dunggio saat diwawancarai dilokasi pemusnahan menjelaskan, sebelum dimusnahkan, untuk memastikan penyakit sapi ini, pihaknya telah melakukan uji sampel dan menetapkan sapi tersebut positif Anthrax.”Setelah dilakukan uji sampel, hasilnya Positif Anthrax.” tandasanya.

Lebih lanjut Asriyana menambahkan, pekan lalu pihaknya juga telah memusnahkan satu ekor sapi di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto yang positif Anthrax. Dan selanjutnya untuk mencegah meluasnya wabah ini, telah dilakukan vaksinasi tehadap hewan yang ada dilokasi sejumlah wilayah yang endemik virus antrhax.

Asriyana juga menghimbau kepada masyarakat, agar kiranya melaporkan ke Posko Wabah Anthrax Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gorontalo, Jika menemukan ternak yang mengalami gejala Virus Anthrax. “Kami mengharapkan adanya partisipasi masyarakat agar segera melaporkan ke posko yang telah dibentuk Dinas terkait,jika ada yang terindikasi Virus Anthrax, agar wabah ini tidak meluas.” pungkasnya.(rv/hargo)

One Comment on “Wabah Anthrax Kian Meluas, Di Hunggaluwa 1 Ekor Sapi Dimusnahkan”

Comments are closed.