Waduh Mahasiswa Ini Jual Kunci Jawaban UNAS, Harganya 2 Juta

DIPERIKSA. F, Mahasiswa aktif STKIP Pontianak saat diperiksa di Markas Polresta Pontianak, Kamis (7/4) siang, terkait kasus penjualan kunci jawaban UN.

Hargo.co.id – Tiga pelaku penjual kunci jawaban Ujian Nasional (unas) dibekuk anggota Polres Pontianak. Dua pelaku lebih awal, yakni Sai dan Kar. Sedangkan F yang sempat buron ditangkap di kawasan Pontianak Kota.

“F kita amankan di rumah pamannya,” tutur Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Andi Yul Lapawesean di kantornya, Kamis (7/4) siang.

Ketika hendak ditangkap, F berusaha bersembunyi. Namun, ketahuan polisi. “Hingga saat ini sudah total tiga tersangka yang telah kita amankan,” ujar Andi.

Belakangan diketahui F merupakan mahasiswa aktif STKIP Pontianak. Sebelumnya (Senin,4/4), polisi menangkap Sai dan Kar di depan SMK 1 Pontianak, Jalan Danau Sentarum, Pontianak Kota. Kala itu, mereka usai menjual kunci jawaban ujian nasional Bahasa Indonesia dan Geografi.

Polisi juga telah mengamankan barang bukti berupa duit sejumlah Rp8,24 juta dan 36 kunci jawaban Matematika dari kediaman Sai dan Kar. Tiga pelajar SMA ternama diketahui telah membeli kunci jawaban dari mereka.

Informasi yang dihimpun Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), kunci jawaban unas tersebut dijual seharga Rp100 hingga Rp200 ribu. Alhasil, dugaan kuat menyeruak tak hanya tiga generasi penerus bangsa saja yang bertransaksi dengan mereka.