Woow! Ternyata Saat GMT, Ada Penampakan Seperti Ini

Sejumlah warga saat menyaksikan GMT di Ternate dok: JawaPos.com

Hargo.co.id – Sejak GMT di Tarnate Kemarin (9/3) pukul 08.36 WIT, warga Ternate dan sejumlah wisatawan mancanegara mulai mengamati proses terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT) di sejumlah titik pengamatan. Di saat itu, mulai terlihat bulan mulai menutupi matahari.

Dengan sabar, warga masyarakat dan para wisatawan domestik maupun mancanegara menanti terjadinya gerhana matahari secara total atau penuh. Namun tidak setiap saat mereka mengamatinya secara terus menerus. Hanya sesekali baik menggunakan kacamata khusus atau dengan teropong.

Sampai akhirnya sekitar pukul 09.52 WIT yang menjadi puncak dari Gerhana Matahari Total, tatkala suasana menjadi temaram karena bulan terlihat menutupi matahari secara penuh, warga maupun para wisatawan pun langsung melepas kacamata khusus dan menyaksikan secara langsung terjadinya Gerhana Matahari Total tersebut.

Nah, saat itu warga maupun wisatawan selain bisa melihat langsung ke arah matahari tanpa menggunakan alat bantu, juga ternyata melihat suatu fenomena yang selama ini dipastikan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang secara langsung.