Wow… 41 Rumah Nelayan di Gorontalo Terancam Ditenggelamkan

Danau Limboto

Hargo.co.id GORONTALO – Sangat disayangkan. Belum juga ditempati, 41 rumah nelayan yang dibangun Kementerian Perumahan Rakyat di Desa Hutadaa, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo terancam dibongkar. Pasalnya, 41 rumah tersebut dibangun pada kawasan revitalisasi Danau Limboto.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Balai Sungai Wilayah Sulawesi (BWSS) II Gorontalo sedang melakukan pekerjaan revitalisasi Danau Limboto. Meliputi pengerukan, pembangunan tanggul, pembangunan pintu air serta pembangunan check dam. Khusus untuk pembangunan tanggul direncanakan akan menyelamatkan areal Danau Limboto seluas lebih kurang 4 ribu hektar.

Rencana untuk menenggelamkan kembali areal Danau Limboto seluas 4 ribu hektar itu menuai pro kontra. Sebab, kegiatan tersebut akan membuat sebagian wilayah di 29 desa di Kabupaten Gorontalo akan tenggelam. Termasuk 41 rumah nelayan di Desa Hutadaa yang sudah dibangun oleh Kemenpera.

Kepala Desa Hutadaa Wowoling Habibullah mengemukakan, rencana revitalisasi Danau Limboto hingga 4.500 hektar perlu dibahas tuntas dengan melibatkan warga. Sebab, jika hal itu dilakukan, seluruh wilayah dusun III, Desa Hutadaa yang dihuni sekira 800 jiwa akan terambil masuk wilayah Danau.

“Begitu pun dengan Rumah deret Nelayan sebanyak 41 unit yang sementara dibangun di Desa Buhu, Kecamatan Telaga. Itu juga akan masuk wilayah Danau,” bebernya.