Xuan Puc Jadi Perdana Menteri Baru

Xuan Puc

Hargo.co.id HANOI – Parlemen Vietnam melanjutkan tugas sebagai legislatif. Kemarin (7/4) parlemen menunjuk Nguyen Xuan Phuc sebagai perdana menteri (PM). Akhir pekan lalu mereka memilih Jenderal Polisi Tran Dai Quang sebagai presiden, jabatan yang sebenarnya hanya simbolis.

”Saya akan melakukan yang terbaik untuk kebaikan seluruh rakyat dan negeri ini,” ungkap Phuc setelah pengumuman hasil voting parlemen yang memenangkan dirinya. Sebelumnya, pria 61 tahun itu menjabat wakil PM.

Kemarin dia mendapatkan dukungan 90,26 persen suara di parlemen. Maklum, dia merupakan satu-satunya kandidat PM dalam voting.

Phuc akan menggantikan kepemimpinan Dung selama lima tahun ke depan. Tapi, para pengamat politik yakin tidak akan ada perubahan dalam pemerintahan baru tersebut. Sebab, Phuc adalah orang lama yang kiprah politiknya tidak beda jauh dengan Dung. ”Nguyen Xuan Phuc bukan sosok istimewa.

Tidak akan ada yang berubah di bawah kepemimpinannya,” tegas Jenderal Nguyen Trong Vinh.

Pada masa akhir kepemimpinannya, Dung panen kritik. Itu disebabkan korupsi yang terjadi di hampir semua lini pemerintahan. Selain itu, dia dianggap tidak becus mengurusi perekonomian di sektor pemerintahan.