Zetizen Camp: More Than Just Succes

Para Peserta Zetizen Camp saat berfoto bersama menjelang acara penutupan.

hargo.co.id – KONSEP sederhana Zetizen Camp membawa suasana baru bagi peserta pemilihan Alpha Zetizen Gorontalo. Rasa senang, gembira, serta sedih bercampur aduk setelah dua hari bersama-sama, berada di objek wisata Pentadio Resort, Sabtu-Minggu (9-10/9).

Waktu yang sangat singkat untuk 24 calon Alpha Zetizen Gorontalo yang sudah sejak lima bulan terakhir konsisten mengupload aksi positif. Dan hasilnya, kegiatan pemilihan Alpha Zetizen lebih dari kata sukses.

“Zetizen Camp ini berbeda dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Kita diajarkan bagaimana kesederhanaan, keseriusan, kekompakan serta kebersamaan. Meski hanya dalam waktu yang singkat, namun semuanya merasa senang. Tak ada yang merasa lebih baik dalam melakukan aksi positif. Semuanya berkompetisi dengan adil,” ucap Arif Rahman Hakim peserta Zetizen Camp dari MAN Insan Cendekia Gorontalo.

“Aksi positif yang kita sudah lakukan sejauh ini, jangan hanya karena mengikuti kompetisi ini. Namun bagaimana kita konsisten untuk terus berbuat baik dan berbuat hal yang positif untuk menjadi generasi yang cerdas, tawakal serta memiliki karakter yang baik bagi generasi muda,” timpa Mutia Hiola, peserta Zetizen Camp dari MAN 1 Kabupaten Gorontalo.

Ya, Zetizen Camp untuk pertama kalinya diselenggarakan Zetizen Gorontalo Post untuk memilih 5 Alpha Zetizen Gorontalo terbaik untuk selanjutnya mengikuti seleksi Nasional di Surabaya, Jawa Timur untuk memperebutkan satu tiket ke New Zealand.

Peserta yang ikut adalah generasi Z yang berusia 13-20 tahun dan bergabung menjadi member Zetizen Gorontalo melalui website www.zetizen.com. Mereka inilah kemudian mengunggah foto aksi positifnya pada National Challenge yang diselenggarakan Zetizen Indonesia.

 

Dari foto-foto tersebut dipilih 50 member terbaik untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Terpililah 30 member terbaik yang secara langsung menjadi peserta Zetizen Camp untuk mengikuti seleksi menuju Summit Surabaya. Hanya saja, enam peserta Zetizen Camp dengan berbagai alasan memilih untuk mengundurkan diri dibandingkan untuk mengikuti seleksi di Zetizen Camp.

Bertempat di Pentadio Resort, kegiatan yang diselenggarakan sejak Sabtu, (9/9) itu mendapat antusias yang luar biasa. Sebagai ajang promosi dan sadar Wisata, Kepala Dinas Kabupaten Gorontalo Haris Tome yang membuka acara tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan Zetizen Camp merupakan wadah yang baik untuk generasi muda.

Ia menginginkan agar pelaksanaan Zetizen Camp ini membawa dampak yang baik bagi daerah, dengan mempromosikan wisata di daerah yang mereka akan kunjungi nanti. “Kalau ke New Zealand, jangan lupa promosikan wisata Gorontalo, khususnya di Kabupaten Gorontalo. Jadilah generasi yang bermanfaat serta berdampak positif ke orang lain,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Gorontalo Post Femmy Udoki mengingatkan agar peserta yang tahun ini mengikuti National Challenge agar ditahun depan tetap konsisten untuk mengikuti kompetisi tahunan tersebut.

Berbagai macam kegiatan digelar selama dua hari tersebut. Namun paling dinanti yakni presentasi aksi positif dari masing-masing peserta yang sudah mengupload aksi positif di Zetizen.com. 

Selain itu, mereka pun mendapat pengalaman yang baru dalam membuat scrapbook yang bertujuan untuk menggali kreatifitas mereka. Serta menampilkan peformance yang awalnya sudah disiapkan.

Setelahnya, acaranya pun dilanjutkan dengan penutupan. Dimana pada saat penutupan, crew Zetizen mengumumkan beberapa kategori awward untuk para peserta. Diantaranya ialah Best Performance, Best Scrapbook, Alpha Zetizen Camp teraktif dan Alpha Zetizen Camp terfavorite.

Nah, partisipasi terbesar dalam iven perdana ini terlaksana dengan baik karena didukung Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang membantu menfasilitasi tempat pelaksanaan.

Serta beberapa sponsor yang turut mendukung seperti Walikota Gorontalo Marten Taha, Rumah Makan Jogjo Ijo, Cafe Atap Toea, Pappa Pizza dan Ain Ein Warunk. Ada juga Bank BTN, Hanbai Suki, Grand Q Hotel,  serta Rumah Karawo yang membantu menyediakan hadiah hiburan untuk para peserta Zetizen Camp.

Eh iya, untuk pengumuman Lima alpha Zetizen baru akan disampaikan secara serentak pada 18 September nanti lho.

Ini sesuai komitmen bersama agar pengumuman bisa dilaksanakan secara serentak se Indonesia bersama dengan daerah lainnya. (ZT-08/ndi/ZT-07/hargo)