Rabu, 20 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



1.700 Anak Tuntas Jalani Vaksinasi di Kabupaten Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Kamis, 16 September 2021 | 00:05 AM Tag:
  Ilustrasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Program Vaksinasi anak Usia 12 hingga 17 tahun  di Kabupaten Gorontalo telah akhir Agustus kemarin. Hingga hari ini, Dinas Kesehatan setempat melaporkan telah ada lebih dari 1.700 anak yang telah menerima vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir mengatakan, pihaknya belum menerima keluhan serius terkait kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) tersebut.

“Pasti ada keluhan berupa panas dan lain lain, seperti imunisasi biasa, itu pasti ada efek. Itu pun tergantung keadaan fisik seperti lapar, persyaratan di vaksin itu disamping sehat, dia harus sarapan dulu. Alhamdulillah selama ini belum ada yang di serius,” terangnya. 

Dirinya menjelaskan, Setiap orang memiliki reaksi bermacam-macam setelah mengikuti vaksinasi. Warga yang mengalami KIPI, kata Roni Sampir, segera menghubungi Puskesmas terdekat melalui nomor yang tertera dalam Kartu Vaksin. 

“Jika ada keluhan segera menghubungi puskesmas karena ada nomor yang tertera di kartu vaksin. Kalau ada yang perlu dirujuk ke rumah sakit maka akan dirujuk. Semua biaya perawatan karena reaksi vaksin itu gratis,” kata Roni Sampir. 

Sementara itu, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Gorontalo mengaku belum menerima adanya laporan terkait persoalan Vaksinasi bagi anak usia 12 hingga 17 tahun. 

“Sejauh ini kami belum menerima keluhan orang tua terkait vaksinasi ini, mereka justru mendukung karena ingin anaknya bisa kembali melakukan pembelajaran Tatap Muka,” kata Kepala P2TP2A Kabupaten Gorontalo, Sri Dewi Nani. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar