10 Jaringan Sabu Nunung Telah Diringkus, Total Barang Bukti Mengejutkan

Hargo.co.id,JAKARTA – Ditresnarkoba Polda Metro Jaya terus membongkar jaringan narkoba Nunung. Tercatat hingga saat ini, sudah 10 tersangka yang diamankan atas keterlibatan sabu komedian Nunung.

Kasubsit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvin mengatakan, penangkapan dimulai dari kelompok pertama yakni Nunung, July Jan, Hadi alias TB di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7).

Dilakukan pengembangan, polisi melakukan penangkapan kelompok kedua, yakni E tanggal 21 Juli dan IP tanggal 24 Juli.

“E dan IP ternyata napi Lapas Klas II Bogor, Jawa Barat. Mereka sebagai pengendalinya,” ungkap Calvin di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (7/8).

Dari keterangan E dan IP, penyidik kemudian melakukan pengambangan. Penyidik mengamankan kelompok ketiga yakni K, Jar, Der, Gong dan Nang. Kelima tersangka ini diamankan di wilayah Trenggalek, Jawa Timur pada Sabtu (3/8) malam.

“K adalah pemasok sabu untuk tersangka Hadi yang membawa 2,86 gram sabu dalam bungkus rokok diletakkan di daerah Cibinong,” ujarnya.

Tak sampai disitu, dari hasil penyelidikan, ternyata Kumis, Fajar dan Deri sempat menggelar pesta sabu berhari-hari bersama sebelum akhirnya mereka ditangkap.

“Gong dan Nang ini ternyata juga diperintah ambil ganja kering dan sabu untuk keperluan event di Kediri,” ungkap Calvin.

Saat ini, polisi tengah memburu bandar besar berinisial ZUL dan A. Keduanya diduga sebagai bandar yang memasok sabu kepada 10 tersangka yang telah diamankan.

Dari penangkapan 10 tersangka polisi mengamankan barang bukti hampir setengah kg sabu. Para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) juncto Pasal 127 huruf a Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara.(fir/pojoksatu/hg)

-