Sabtu, 31 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



100 Persen Pasien Covid-19 Klaster Secapa AD Sembuh

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 15 Agustus 2020 | 19:05 WITA Tag: , ,
  ILUSTRASI: Anggota TNI AD (Toyiban/Antara)


Hargo.co.id, BANDUNG – Kabar baik tersiar dari Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD), Bandung, Jawa Barat. Progres kesembuhan pasien positif Covid-19 di sana menunjukan grafik yang menyenangkan.

Seperti yang dilansir JawaPos.com, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, hasil swab lanjutan hingga Sabtu (15/8) pasien sembuh bertambah 4 orang. “Ada 4 pasien lagi yang dinyatakan negatif,” ucapnya.

Dengan penambahan 4 orang sembuh ini, maka dipastikan tidak ada lagi pasien Covid-19 di klaster Secapa AD. Selain itu, rasio kesembuhan pasien Covid-19 di sana adalah 100 persen. Tidak ada satupun pasien yang dinyatakan meninggal.

BACA  Perda Protokol Kesehatan Mulai Disosialisasikan

“Dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, pada hari ini tidak ada lagi yang positif, semua sudah sembuh,” jelas Nefra.

Diketahui, Secapa menjadi kluster baru Covid-19. Bahkan pada Kamis (9/7) Secapa menjadi salah satu penyumbang terbesar Covid-19 di wilayah Jawa Barat. Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-29 saat itu, Achmad Yurianto menjelaskan, sudah selesai dilakukan pemeriksaan epidemiologi sejak 29 Juni terjadi penularan di kluster pusat pendidikan Secapa TNI.

BACA  Total Ada 812 Halaman, UU Cipta Kerja Diserahkan ke Presiden Hari Ini

“Positif 1.262 orang tertular. Terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih di sana,” jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (9/7).

Dari jumlah yang diidentifikasi, kata Yuri, ada 17 orang yang dirawat di RS Cimahi. Ribuan siswa dan pengajar lainnya diisolasi di Secapa TNI. “Sisa lainya 1.245 tanpa keluhan apapun. Saat ini semuanya kita karantina di wilayah pendidikan Secapa di Bandung,” tambahnya. (bp/sat/jawapos/hg)

BACA  Aleg DPRD Kabgor Minta Warga Tidak Sepelekan Covid-19

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com dengan judul: “100 Persen Pasien Covid-19 di Secapa AD Sembuh, Tak Ada yang Meninggal“. Pada edisi Sabtu, 15 Agustus 2020.

Komentar