Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



14 Orang Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, RS Toto Tak Terima Pasien 

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 15 Juni 2020 | 16:19 PM Tag: , ,
  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila. (Foto Zulkifli Polimengo)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 14 orang tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila, Bone Bolango, terkonfirmasi Positif Covid-19.

Kabar itupun membuat manajemen RSUD Toto Kabila harus menghentikan sementara pelayanan bagi warga masyarakat yang akan berobat, namun begitu pelayanan di unit gawat darurat masih tetap dibuka.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid Pelayanan RSUD Toto Kabila, Dr. Thaib Saleh kepada Tim Liputan Hargo.co.id pada Senin (15/06/2020) pukul 14.00 Wita.

“Memang benar ada sebanyak 14 orang petugas kesehatan kita yang positif Covid-19 setelah menjalani tes swab, olehnya itu kami selaku menajemen RSUD Toto Kabila memberhentikan sementara pelayanan bagi warga yang akan berobat terutama yang akan nginap,” kata Dr. Thaib Saleh.

Lanjut Kepala Bidang Pelayanan di RSUD Toto Kabila itu mengungkapkan, dimana untuk pelayanan unit gawat darurat tetap masih dibuka untuk umum, jika ada warga yang datang dalam keadaan darurat.

“Untuk pelayanan gawat darurat kita masih tetap buka, pasiennya kita stabilkan dan kita langsung kirim ke Rumah Sakit lain,” ungkap Dr. Thaib Saleh.

Dirinya juga menuturkan, hal itu dilakukan karena saat ini pihaknya masih akan melakukan tracking kontak kepada petugas lainnya, serta melakukan sterilisasi seluruh ruangan yang ada di lingkungan RSUD Toto Kabila.

“Karena ada 14 orang petugas kesehatan yang Positif Covid-19, maka kami pihak rumah sakit hari ini juga akan melakukan tes kepada seluruh petugas kami, dan kemungkinan besar jumlah itu akan bertambah hingga 100 orang bahkan lebih,”tutur Dr. Thaib Saleh.

Di kesempatan ini Kabid Pelayanan RSUD Toto Kabila mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan berobat untuk beralih ke rumah sakit lain hingga pukul 08.00 Wita besok.

“Jika ada pasien yang datang berobat kami mohon maaf dan kami sarankan untuk berobat di rumah sakit lain, namun jika ada yang darurat kami tetap akan terima untuk distabilkan, dan selanjutnya kami kirim ke rumah sakit lain,”tambah Dr. Thaib Saleh.

Hingga saat ini pihak RSUD Toto Kabila sendiri masih melakukan sterilisasi serta pengetesan Covid-19 kepada seluruh tenaga kesehatannya. Hal itu dilakukan agar RSUD Toto Kabila sesegera mungkin bisa kembali beroperasi sebagaimana biasanya.(zul/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar