Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



17 Agustus, 9.000 Kursi KA Prameks Digratiskan

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 15 Agustus 2017 | 09:30 Tag: , ,
  ILUSTRASI: Stasiun Purwosari Solo (ISWARA BAGUS N/RADAR SOLO)

HARGO.CO.ID, SOLO – Semangat merdeka 17 Agustus benar-benar bisa dirasakan para penumpang kereta api (KA) lokal Prameks dan KA Kalijaga. Khusus Kamis (17/8), penumpang bisa naik KA lokal secara gratis.

Kepala Stasiun Solo Balapan Nuruddin mengatakan, promo gratis tiket KA ini sudah menjadi agenda rutin saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI. Tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberi promo gratis tiket KA Prameks rute Solo-Jogja maupun Solo-Kutoarjo serta KA Kalijaga rute Solo-Semarang.

”Biasanya tiket KA lokal bisa dibeli di loket stasiun tujuh hari sebelum pemberangkatan. Namun, mulai 10 Agustus, layanan pemesanan KA lokal keberangkatan 17 Agustus ditutup karena ada promo gratis tiket,” tutur Nurudin kepada Radar Solo.

Pembelian tiket untuk pemberangkatan 17 Agustus akan dilayani go show. Calon penumpang bisa mengantre maksimal tiga jam sebelum keberangkatan. ”Penutupan pembelian di loket pada sepekan sebelum berangkat kami lakukan agar tiket bisa merata ke masyarakat,” ungkap Nurudin.

KA Kalijaga rute Solo-Semarang memiliki total kapasitas 730 kursi. Diperkirakan, seluruh tiket akan habis saat promo gratis. Apalagi berdasarkan pengalaman selama ini, saat hari libur atau weekend, load factor atau tingkat keterisian KA  mencapai 100 persen.

&

ILUSTRASI: Stasiun Purwosari Solo (ISWARA BAGUS N/RADAR SOLO)

Sementara, dalam satu rangkaian KA Prameks berkapasitas 450 kursi. Dalam sehari ada 10 jadwal keberangkatan dari Solo. Sehingga total disediakan 4.500 kursi atau 9.000 kursi Prameks untuk pergi-pulang (PP).

Sebagai antisipasi membludaknya permintaan, ucap Nurudin, pihaknya akan menambah petugas keamanan. Khususnya di bagian loket. Petugas akan membantu menertibkan calon penumpang dan menghindari adanya praktik calo. Pembeli bakal di-screening dan permintaan dibatasi satu orang maksimal hanya empat tiket.

Di sisi lain, promo tiket KA jarak jauh sudah digelar sejak beberapa waktu lalu dengan harga bervariasi tergantung jarak dan kelas. Saat ini tiket promo jarak jauh sudah ludes terjual.

“Penumpang KA jarak jauh diprediksi juga meningkat karena ada long weekend. Rangkaian KA pun sudah ditambah. Sebab, penambahan ini memang selalu dilakukan setiap akhir pekan,” pungkasnya.

(hg/rs/gis/bay/JPR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar