Senin, 21 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



2 Dokter Layani 100 Pasien Setiap Harinya, Idealkah?

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Sabtu, 31 Desember 2016 | 13:20 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id,LIMBOTO – Sistem pelayanan kesehatan di Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo dinilai masih kurang maksimal, pasalnya jumlah pasien yang dilayani di wilayah ini, tidak sebanding dengan jumlah dokter yang ada di Puskesman. Sehingga kondisi ini menyebabkan pelayanan sedikit terhambat.

Kepala Puskesmas Limboto,Ismail Akase, saat diwawancarai diruang kerjanya baru-baru ini, untuk memenuhi tuntutan masyarakat, pihaknya tidak menampik kendala yang dihadapi oleh Peskesman yang dipimpinnya.

Menurutnya salah satu kendala yang dihadapi adalah kurangnya tenaga Dokter yang melayani pasien. Sejauh ini Dokter yang ada hanya berjumlah dua orang, sementara kunjungan pasien yang harus dilayani rata-rata mencapai 100 orang setiap harinya.

BACA  Wagub Gorontalo Usulkan 5.000 Peserta Program DTS

Jika dilihat dari rasio penduduk yang ada di Kecamatan Limboto yang berjumlah 50.000 orang, dan jika diambil dari standar rasio BPJS maka setiap dokter harus melayani 5000 pasien. Dengan demikian jika diambil perbandingan maka idealnya dokter yang ada di Puskesmas Limboto seharusnya berjumlah 10 orang.

Namun kenyatannya, Dokter yang ada saat ini hanya berjumlah Dua Orang. Sehinga hal ini yang menjadi kendala dalam menopang kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

BACA  Kapolri Instruksikan Polda dan Polres Jajaran Berantas Aksi Premanisme

” Memang diakui pelayanan di Puskes ini belum maksimal, disebabkan kurangnya tenaga dokter yang ada, dan kendala ini sudah kita sampaikan ke Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo. Namun dengan keterbatasan tenaga dokter ini, kita tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kita berharap kedepan jumlah dokter disini bisa bertambah, agar apa yang menjadi tuntutan masyarakat bisa terpenuhi.” Ujar Ismail Akase.

BACA  PGRI Kabupaten Gorontalo Fokus Program Merdeka Belajar

Selain kurangnya ternaga dokter, di Puskemas ini juga masih kekurangan tenaga Gizi, dimana tenaga Gizi yang ada saat ini hanya berjumalah satu orang, sementara wilayah yang dilayani mencakup 14 kelurahan yang ada di Kecamatan Limboto.

Sementara menyangkut pelayanan kebidanan dan keperawatan, sejauh ini tidak ada masalah, sebab untuk jumlah bidan yang ada sudah terpenuhi sesuai kebutuhan masyarakat, tinggal bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (rvg/Hargo)


Komentar